IKAN Nike Manado adalah ikan endemik yang hanya ada di Sulawesi Utara (Sulut), khususnya yang hidup di danau ke-2 terbesar di Indonesia, Danau Tondano. Oleh warga lokal, Nike dari Danau Tondano ini disebut dengan Wurukus.

Sekilas tentang Danau Tondano

Danau Tondano adalah danau terluas setelah Danau Toba. Danau ini berada di antara dua kabupaten, yakni Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawangkoan. Danau Tondano, tepat nya berada di desa Remboken, sekitar 3 km dari kota Tomohon atau 30 km dari Manado.

Danau ini berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 4.278 hektar. Danau ini menjadi yang terluas di provinsi Sulawesi Utara.

Daya tarik wisata Danau Tondano, disebut-sebut dapat setara bahkan melampaui Danau Toba, di Sumatera Utara.

Wisata Sembari Mencicipi Lezatnya Ikan Nike

Di danau ini, wisatawan dapat mencicipi hidangan khas yang terbuat dari Ikan Nike, di restoran atau warung di sekitaran danau. Kebanyakan masyarakat sekitar danau menjual ikan asli (endemik) Tondano ini menjadi bakso ikan atau woku-woku (sejenis ikan bakar), dan digoreng menjadi Perkedel Nike.

Danau Tondano, habitat ikan nike tondano
Danau Tondano menyimpan sejarah kisah benteng Moraya

Nike (bukan Nike Ardila) adalah sejenis ikan teri, tapi ia khas Danau Tondano. Sayangnya, menurut penuturan para nelayan tradisional, jumlahnya kini semakin berkurang drastis.

Ikan Nike Manado,Terancam Punah?

Salah seorang nelayan mengatakan, dulu, dengan menaruh jari di air danau saja, Ikan ini sudah datang berkerumun. Sekarang, susahnya menangkap mereka dengan karamba yang ada.

ikan nike manado, nyaris punah!
perkedel nike, makanan khas manado

Diduga, penurunan kedalaman air dan penyempitan danau, kualitas air danau yang semakin memburuk, menjadi salah satu faktor.

Di samping itu, penangkapan yang berlebihan, dan laju sedimentasi yang masuk ke kolam danau semakin tinggi yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan, serta tutupan permukaan air danau yang semakin mengecil diakibatkan oleh eceng gondok.

SIMAK PULA: 16 Makanan Manado Halal dan Recommended

Hal-hal tersebut membuat berkurangnya nutrisi yang sangat dibutuhkan ikan air tawar, termasuk Nike. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangbiakkannya secara perlahan melambat.

Demi menyelamatkan populasi ikan khas Danau Tondano ini, riset terstruktur dan serius oleh instansi teknis kabupaten Minahasa harus dilakukan. Selain itu, perlu adanya manajemen tata ruang danau dan ekosistemnya secara terencana dan serius.

Jika tidak ada upaya serius berkesinambungan, ikan ini bisa jadi punah beberapa waktu ke depan.

Penataan tata ruang akan dapat memperlihatkan bagian mana dari danau yang dapat dibangun, misalnya untuk keperluan wisata, PLTA, dll, dan mana yang tidak boleh, sehingga kualitas dan kuantitas air Danau Tondano dapat terjaga, guna menjaga habitat dan populasi ikan kecil ini, dan ikan khas lainnya, seperti Marble Goby (Oxyeleotris marmorata), atau yang disebut juga dengan ikan Betutu.

SIMAK PULA: 12 Kudapan Manado Halal dan Recommended

Ikan Nike Manado atau kadang disebut pula dengan Ikan Nike Tondano ini kadangkala dianggap sama dengan Ikan Nike Gorontalo yang disebut dengan bahasa lokal: “duwo”. Kenyataannya, duwo di Gorontalo dan ikan serupa di Sungai Bone (Sulawesi Selatan) merupakan jenis yang berbeda kendati berasal dari spesies yang sama.

Pesatnya perkembangan kota, pengolahan danau yang belum tepat tata ruang dan tujuannya, serta tingginya minat terhadap ikan endemik Sulut ini, membuat salah satu ikan terkecil di dunia ini kian merosot populasinya.

Di tengah semua kondisi tersebut, kini kita hanya dapat berharap, keajaiban alam mampu mencipta ulang kondisi hidup yang sehat bagi ikan ini, sehingga habitatnya di Danau Tondano kembali berkembang pesat. Dengan begitu, ikan ini tidak tinggal cerita tempo doeloe… (Calvyn Toar)

dari berbagai sumber

Bagikan:

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Tinggalkan Balasan