Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Manado Kota Tujuan Wisata Akhir Tahun

Manado, Kota Seribu Gereja ini menjadi paling istimewa saat natal tiba hingga tutup tahun. Betapa tidak, suasana bak kota-kota di Eropa dan Amerika kala natal tiba, mewarnai seantero Bumi Nyiur Melambai. Bedanya cuma satu: Tanpa salju! Tapi eittsss… Setidaknya, kue putri salju hampir pasti gampang ditemui di sana. Sebab, kue tersebut merupakan salah satu kue natal yang wajib ada dalam toples kue orang Manado saat menyambut natal.

kue natal manado

kue putri salju, selalu ada di hari natal di manado (by resepcaramemasak.info)

Suasana natal yang kental di kota ini mewujud dalam berbagai bentuk. Rumah-rumah dihiasi aksesoris natal dalam rupa-rupa karangan bunga merah-hijau-gold-putih dan berpadu dengan lonceng kecil, yang biasanya digantung pada pintu utama. Dan, pohon terang yang kerlap kerlip, sudah pasti berdiri tegak di sudut ruang.

Gereja-gereja pun demikian. Dari halaman depan hingga ruangan dalam, hiasan natal di mana-mana. Ibadah/misa natal, penuh sesak umat yang khusyuk berdoa, mensyukuri anugerah Sang Pencipta.

Wajah kota bak di Eropa. Lalu lintas padat. Christmas songs terdengar bertalu-talu dari gereja, rumah warga, toko, mal, hotel, spot wisata, bandara/pelabuhan, pasar tradisional, hingga angkot.

natal di manado seperti di amerika

natal di manado, hikmat sekaligus meriah (by buddy haryadi)

Diskon besar-besaran di semua toko dan mal. Orang penuh sesak berburu belanjaan wajib: Baju baru! Tak cuma itu, segala yang ‘berbau’ baru pun diserbu: Gadget baru, home appliance baru, bahkan motor-mobil baru, dll.

antrian warga berbelanja baju di manado jelang natal

antrian warga berbelanja baju di manado jelang natal (by tribunnews.com)

Jelang tahun baru tiba, keramaian warga semakin menyemut di pusat keramaian, utamanya di sepanjang Jalan Boulevard (Jl Piere Tendean). Hampir tidak mungkin mendapatkan parkir kendaraan di sana apabila tiba sedikit telat. Seolah semua warga Manado tumplek di Boulevard, yang disebut-sebut sebagai jalan tepi pantai terpanjang di Indonesia.

Menunggu detik-detik pergantian tahun. Riuh rendah suara terompet dan ratusan fireworks bergantian melintas di atas ribuan kepala. Tahun baru tiba. Setiap orang dengan spontan saling bersalaman dan tak jarang berpelukan, sembari berucap tulus: Slamat Taong Baru neh!Slamat Taong Baru dang!… (Selamat Tahun Baru ya!)

pesta kembang api di kawasan boulevard manado

pesta kembang api di kawasan boulevard manado (by kristupa saragih)

Sungguh, tiada kota di negeri ini yang sebegitu semaraknya menyambut natal dan tahun baru layaknya di Manado!

Jika kamu ingin merasakan sensasi dan suasana natal serta liburan akhir tahun yang super-duper, tak usah jauh-jauh ke Amerika dan atau Eropa. Manado adalah recommended place!

sunset di bunaken manado

indahnya sunset di bunaken manado (by chris simons)

Di The land of smiling people, kamu pun bakal bingung memilih destinasi wisata mana yang bakal dituju untuk menghabiskan liburan. Betapa tidak, ratusan tempat wisata menarik berjejer di sana. Sebutlah di antaranya: Bunaken, yang tersohor dengan surga bawah lautnya. Siladen yang terkenal dengan keindahan dan ketenangan pulaunya. Saking indahnya pemandangan bawah laut dan daratannya, salah satu resort di sini dinobatkan sebagai dive resort terbaik di dunia pada November 2017. Wow!

bunaken masih mempesona turis manapun

bunaken masih mempesona turis manapun (by enrico tanod)

Tak hanya Bunaken dan Siladen yang menggoda, Pulau Lihaga dengan pasir putihnya selembut bedak dan tak berpenghuni, pun menantang disambangi.

Begitu pula dengan Pulau Lembeh dan Selat Lembeh yang sampai saat ini menjadi tujuan para penyelam dan fotografer bawah air kelas dunia, adalah spot wisata bawah air yang kudu dikunjungi.

tarsius monyet terkecil di dunia ada di manado

tarsius monyet terkecil di dunia ada di sulut (by billy wirawan)

Di Bitung, bukan cuma ada Pulau Lembeh dan Selat Lembeh. Tarsius, monyet terkecil di dunia, yang dapat memutar kepalanya hingga 180 derajat, dapat kamu saksikan sendiri di Cagar Alam Tangkoko, Bitung. Bitung adalah kota yang berjarak 45 km dari Manado.

bukit kasih manado

bukit kasih di kawangkoan, masih memikat wisatawan (by enrico tanod)

Tomohon, kota bunga nan sejuk yang berjarak 25 km dari Manado pun, nanggung jika tak melipir ke sana. Sejumlah spot wisata populer Tomohon dapat kamu jumpai, seperti: Puncak Baru Rurukan (=Puncak Tintingon), Puncak Temboan, Gunung Mahawu, Danau Linow, Bukit Doa Kelong, Pasar (terekstrim) Tomohon, dll.

Jika sudah ke Tomohon, tanggung bila tidak merapat ke Kawangkoan. Kenapa mesti ke sana? Di Kanonang-Kawangkoan, kamu dapat menapaki “Bukit Kasih” yang menawan itu, dan mampir ngopi di salah satu rumah kopi tertua: Rumah Kopi Gembira, serta pulang membawa oleh-oleh kacang Kawangkoan yang legendaris.

pertokoan lama manado

pertokoan lama manado, dekat jarod dan kawasan pecinan (green.pit)

Enggan berjauh-jauh dari pusat kota Manado? Tak usah kuatir, karena sejumlah meeting point warga lokal dan wisatawan, bisa kamu datangi. Di antaranya: Kawasan Kuliner Wakeke, adalah pusat makanan khas tou (orang) Minahasa; Jalan Roda (Jarod), merupakan tempat ngopi legendaris yang masih eksis. China Town Manado, adalah kawasan yang banyak didiami warga keturunan Tionghoa dan keberadaan sejumlah kuil tua; Gereja Sentrum, adalah gereja tertua di Manado, yang berdiri sehalaman dengan Tugu Perang Dunia II; Masjid Agung Awwal Fathul Mubien, adalah masjid tertua di Manado, yang peletakan batu pertamanya pada tahun 1770, dan selesai dibangun pada tahun 1802; Jembatan Soekarno, merupakan jembatan dengan panjang lebih dari 1000 m, yang kini menjadi ikon baru kota; dan Kawasan Boulevard, yang adalah kawasan bisnis dan lifestyle Manado.

masjid pertama di kota manado

masjid pertama di kota manado (by tribunnews.com)

Singkat kata, tak tersebutkan semua spot wisata Manado di sini. Kamu datanglah sendiri untuk melihatnya langsung. Sungguh, kamu tidak akan kecewa.

Dan terakhir, di manakah kamu akan menginap selama berada di Manado? Tidak perlu kuatir, sebab ratusan hotel dari kelas Hotel Melati hingga Hotel Bintang 5, serta Homestay dan Guesthouse, eksis di Manado. Tinggal tergantung budget yang kamu punya.

So, manjo ka Manado!

 

 

Lihat pula:

Cara ke Bunaken ala Backpacker

8 Hotel Murah di Bunaken Terkini

10 Hotel Budget Terbaik di Manado

 

 

 

 

Calvyn Toar

digital marketer, startup developer, growth hacker, SEO-SMO expert, ghostwriter | driven by heart | 0812 8069 8459 - SMS before please "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa beruba...

Related Post

thumbnail
hover

Hotel di Manado – Berkelas Dunia!

Hotel di Manado—Usai reklamasi pantai Manado, yakni pada awal tahun 2000an, industri wisata menggeliat di kota seluas 166,9 km² ini. Indu...

thumbnail
hover

Gadis Cilik Bule Fasih Bahasa Manado

Gadis Cilik Bule Fasih Bahasa Manado – Seorang anak perempuan berusia sekitar 6 tahun, bertampang bule, tampak sangat fasih berbahasa Mana...

thumbnail
hover

7 Homestay di Manado: Pas untuk...

Homestay di Manado – Apa sebenarnya yang dimaksud dengan homestay itu? Homestay mirip dengan guesthouse. Hanya, biasanya pemilik rumah tin...

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.