SEBAGIAN besar orang tentu tidak asing lagi dengan Zumba. Ada yang menyebutnya dengan Tarian Zumba (Zumba Dance), Zumba Aerobik, Senam Zumba, Zumba Fitness, dan bahkan ada yang menyebutnya dengan Olahraga Zumba. Apapun ragam penyebutan itu, sejak diciptakan oleh Alberto “Beto” Perez di tahun 90an, Zumba sudah menyihir belasan juta orang di dunia, termasuk di Manado; para Zumba Lovers, terbentuk sangat cepat di kota ini.

logo zumba


Banyak studio Zumba bermunculan di Manado, khususnya di tiga tahun belakangan ini. Zumba adalah kolaborasi antara hip hop, soca, samba, salsa, meringue, mambo dan seni bela diri. Gerakan Zumba sangat ritmatis tanpa harus plyometric (upaya keras mengembangkan kekuatan fisik). Inilah keunikan Zumba! Zumba lovers tidak dipaksa untuk mempush kekuatannya guna mencapai tujuan. Cukup dengan minat dan fun, para Zumba mania dapat merasakan manfaat olahraga ini.

Zumba diakui lebih berat dari kelas senam biasa, tapi setidaknya, ada 9 Manfaat Zumba bagi Kesehatan dan Kehidupan, yang bisa diraih, yaitu:

  1. Bagus untuk Program Diet

Anda yang sedang berupaya menjalankan program diet, sangat bagus untuk mengikuti Zumba. Sebab, Zumba Dance dapat membakar kalori dan lemak. Intensitas lemak akan turun ketika melakukan gerakan Zumba. Seluruh badan anda akan bergerak ketika melakukan Zumba, maka berat badan anda akan turun manakala rutin mengikutinya.

  1. Fun and Happy

Anda akan mendapatkan kesenangan ketika ber-Zumba. Betapa tidak, karena anda tidak sendiri. Ada banyak teman yang ber-Zumba di dekat anda. Alunan musik yang menghentak khas Zumba, ikut menimbulkan semangat dan gairah positif. Itulah yang menjadikan anda happy. Dengan Zumba, stress dan depresi anda akan sirna seketika!

fun and happy dengan zumba
fun and happy dengan zumba

  1. Otot Lebih Kencang

Dengan ber-Zumba, otot pada tubuh anda akan dirangsang untuk bergerak ritmis. Jika rutin dilakukan, anda akan melihat dan merasakan otot anda menjadi lebih kencang, karena gerakan Zumba memang melibatkan kerja otot. Jika anda wanita, tubuh anda akan tampil semakin oke dengan Zumba!

Oya, Zumba diperuntukkan untuk semua umur. Gerakan atau koreografinya akan disesuaikan dengan umur anda, jika anda bergabung di kelas Zumba; Studio Zumba profesional menyediakan kelas untuk anak-anak, remaja, dewasa dan manula.

  1. Pernapasan Menjadi Lebih Baik

Koreografi Zumba yang dahsyat mampu membuat pernafasan anda menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan oleh terlatihnya semua otot pada tubuh, termasuk otot yang berkaitan dengan pernapasan. Olah pernapasan yang baik sangat bagus untuk kesehatan.

  1. Percaya Diri

Jika anda mengikuti kelas Zumba, anda akan percaya diri. Kenapa? Karena, tubuh anda telah terbentuk dengan baik dan bagus. Bukan itu saja, aura positif akan terlihat di wajah anda; itulah manfaat olahraga apapun, termasuk Zumba. Anda akan tampil meyakinkan di segala situasi.

kiscya mottoh, masih muda usia - juara 1 zin zumba se-sulut, 2015
kiscya mottoh, masih muda usia – juara 1 zin zumba se-sulut, 2015

  1. Awet Muda

Gerakan Zumba yang merangsang semua otot bergerak bersamaan, memang besar sekali manfaatnya. Salah satu otot yang dirangsang adalah otot pada wajah. Akibat positifnya, otot wajah anda menjadi lebih kencang. Gerakan Zumba yang selalu fun akan membuat anda selalu tersenyum dan bahkan tertawa. Itu bagus untuk wajah anda. Dengan kontinuitas latihan yang terjaga, anda akan awet muda, atau setidaknya kelihatan lebih muda dari usia anda sebenarnya.

  1. Sehat dan Pikiran Lebih Fresh

Semua olahraga yang dilakukan teratur pasti membuat badan lebih sehat. Zumba mampu menggerakkan semua otot pada tubuh dengan suasana fun. Zumba membuat anda tersenyum dan tertawa. Maka, hormon endorphin keluar. Itulah hormon kebahagiaan. Jadi, anda tidak sekadar sehat, tapi juga bahagia.

Ketika ber-Zumba, otot jantung bereaksi positif. Darah terpompa ke seluruh tubuh, dan setelah itu terjadi pertukaran darah dari seluruh tubuh, lalu kembali ke jantung lagi dengan cepat. Manfaatnya adalah, peredaran darah menuju otak juga lebih cepat. Darah bersih dari jantung membawa oksigen, maka otak mendapatkan semacam ‘nutrisi’ oksigen yang lebih banyak pula. Hasil akhirnya, pikiran anda pun akan lebih fresh. Kalau pikiran sudah fresh, semuanya menjadi enteng. Bukankah begitu?

kiscya mottoh, trainer muda di lucy studio manado
kiscya mottoh, trainer muda di lucy studio manado

  1. Lebih Bersemangat

Kolaborasi hip hop, soca, samba, salsa, meringue, mambo dan seni bela diri yang terkandung dalam koreografi Zumba, ditopang dengan musik yang menghentak ala Zumba, akan mendorong terciptanya semangat besar dalam diri. Anda akan semakin positif menjalani hidup, dan bersemangat dalam segala hal.

  1. Banyak Teman

Mengikuti kelas Zumba berarti mendapatkan banyak teman. Itulah manfaat Zumba yang ke-9. Jadi, dengan ber-Zumba, setidaknya anda mendapatkan tiga manfaat sekaligus, yaitu: sehat, body jadi bagus, dan banyak teman baru. Anda akan dikenal di lingkungan Zumba dancer yang sangat banyak peminatnya.

Demikianlah, 9 Manfaat Zumba bagi Kesehatan dan Kehidupan, yang bisa anda peroleh manakala ber-Zumba. Siap ber-Zumba? Let’s Jam! (CT)

 

Terkait:

Studio Zumba berlisensi, Lucy Studio

Serunya Zin Jam Session di Manado

 

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Tinggalkan Balasan

Close Menu
Klik disini
1
Ada pertanyaan?
Hi, ayo bertanya :)
Powered by