Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

16 Makanan Manado Halal dan Recommended

MAKANAN Manado terkenal dengan racikan banyak bumbu dan sentuhan rasa pedas yang membuatnya khas; inilah yang menjadikan para food lovers selalu dilanda rindu untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Inilah 16 Makanan Manado Halal dan Recommended, yang harusnya Anda cicipi sewaktu berada di tanah Toar-Lumimuut:

 

1. Tinutuan (Bubur Manado)

bubur manado alias tinutuan

bubur manado alias tinutuan

 

Popularitas Tinutuan tak dapat disangsikan lagi. Makanan yang sarat gizi ini bahkan menjadi santapan wajib istana di era Presiden Soeharto. Konon, Presiden ke-2 RI ini memiliki koki khusus untuk menghidangkan bubur Manado yang sedap, yang dinikmati sebagai menu sarapan sang presiden.

Bubur Manado kaya dengan gizi karena terbuat dari beragam sayuran, seperti: gedi (sayuran khas Manado), labu kuning (sambiki), ubi jalar, singkong kuning, daun melinjo, kangkung, jagung manis, bayam, kemangi, daun bawang, sedikit beras, dan beberapa bumbu dasar lainnya. Cara pengolahannya sederhana dan cepat. Sekali anda melihat langsung cara memasaknya, dijamin anda langsung bisa membuatnya sendiri.

Masakan Manado yang khas ini dapat anda jumpai di banyak rumah makan di Manado. Sebagai rekomendasi untuk anda, Kawasan Kuliner Wakeke di Jalan Wakeke, wajib dikunjungi untuk merasakan Tinutuan yang sedap dan tak ada bandingannya.

 

2. Cakalang Fufu

ikan cakalang fufu saus

ikan cakalang fufu saus

 

Ikan Cakalang adalah ikan endemik perairan Manado. Meskipun ada perbedaan, ikan cakalang masih tergolong satu rumpun dengan ikan tongkol dan tuna.

Ikan Cakalang menjadi berbeda dengan tongkol dan tuna ketika ia diolah. Orang Manado memotong ikan ini sedemikian rupa, menempatkannya di rakitan beberapa bambu kecil, lalu mengasapinya (fufu). Proses pengasapan berlangsung selama 4 jam, dan 2 jam berikut untuk pendinginan, dan jadilah cakalang fufu. Baluran garam dan bubuk soda, serta proses pengasapan yang benar akan membuat tampilan luar ikan ini menjadi berwarna merah. Tekstur ikannya pun empuk dan tidak berair.

Ikan Cakalang Fufu gampang untuk diolah. Hanya dengan menggorengnya saja anda sudah dapat langsung menikmatinya. Apalagi, jika dilengkapi dengan Dabu-dabu Lilang Manado, odoh, pe sadaap skali ehh (aduh, sedap sekali). Sebagai catatan, jika anda mendapat oleh-oleh cakalang fufu, anda harus segera memasukkannya ke dalam lemari pendingin jika belum hendak dimasak. Dan jika anda menggorengnya, janganlah terlalu lama, karena ikannya akan mengeras dan kurang enak (alot) untuk dikonsumsi. Api kompor pun harus pas, karena minyak di wajan akan bercipratan jika api kompor terlalu besar.

Selain digoreng, cakalang fufu pun tetap sedap manakala dibuat (disiram) saus sambal, atau dicampurkan dalam sayuran (kangkung misalnya, dan mie kuah).

Kalau anda berencana berwisata ke Manado, mampirlah di rumah makan Manado yang menghidangkan makanan khas ini. Rasakan sedaapnya!

 

3. Dabu-dabu Lilang


sambal dabu-dabu manado

sambal dabu-dabu manado (by vemale.com)

 

Dabu-dabu adalah sambal khas Manado yang juga populer dengan sebutan Dabu-dabu Lilang. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini sebenarnya kurang-lebih sama dengan sambal di daerah lain, namun kekhasannya ada pada cara pembuatannya. Jika sambal di daerah lain bahan-bahannya diulek atau ditumbuk, Dabu-dabu Lilang tidaklah demikian; tomat, bawang merah dan cabai rawit (rica) dipotong/diiris kecil-kecil. Tomat biasanya dipotong-potong berukuran dadu. Setelah itu ditambahkan garam secukupnya. Terakhir, seluruh bahan dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Kadang, ditambahkan pula sedikit gula dan minyak bekas gorengan ikan cakalang fufu.

Aroma Dabu-dabu Lilang sangat menggoda selera makan siapapun. Rasa segar, renyah dan pedas akan anda rasakan dari awal sampai akhir mencicipinya. Dabu-dabu Manado ini sangat cocok dimakan dengan ikan bakar Manado (ikan tude, ikan mas, dll), dan ikan goreng cakalang fufu.

Umumnya, rumah makan di Manado menyediakan sambal khas ini.

 

4. Sambal Roa


sambal roa manado

sambal roa manado (by langsungenak.com)

 

Selain Dabu-dabu Manado atau Dabu-dabu Lilang, Manado mempunyai sambal khas lainnya, yaitu Sambal Roa. Dari namanya jelas, Sambal Roa berasal dari ikan Roa. Ikan Roa atau ikan gepe, atau ikan Galafea (sebutan di Maluku) adalah sejenis ikan terbang yang banyak hidup di perairan Sulawesi dan Maluku.

Sambal Roa dibuat dengan cara terlebih dahulu menghaluskan (menumbuk) ikan Roa. Ikan Roa yang telah ditumbuk halus, dimasak dengan sedikit minyak. Ada juga yang memasaknya tanpa minyak. Bahan lainnya seperti cabe rawit, tomat, bawang merah dan putih, garam, serta gula, ditumis. Setelah itu, daging roa yang telah halus dan dimasak terpisah tadi dicampur merata dengan bumbu halus tadi. Sambal Roa pun siap disantap.

Sambal Roa, atau orang Manado menyebutnya dengan rica Roa, enak disantap dengan Tinutuan dan pisang goreng. Atau, jika anda ingin menyantapnya dengan nasi putih dan sayur kangkung segar pun oke punya sedaapnya. Boleh dicoba, dijamin anda pasti ketagihan! Huupppss, sadaap

 

5. Ikan Woku Belanga


ikan woku belangan manado

ikan woku belangan manado (by cultureindo.com)

 

Makanan Manado yang satu ini pun terkenal seantero negeri, namanya Ikan Woku Belanga. Aslinya, Ikan Woku Belanga dimasak dalam wadah tanah liat. Aroma dan rasanya berbeda jika dimasak dalam wadah tanah liat. Aroma harum yang menggoda selera dari Ikan Woku Belanga itu berasal dari daun jeruk, daun pandan, kemangi, daun kunyit, dan serai. Ikan Woku Belanga memadukan rasa pedas, segar dan nikmat.

Ikan yang biasa digunakan untuk dimasak dengan bumbu woku belanga adalah: ikan nila, ikan kerapu, ikan mas, kepiting, dan udang. Di luar itu, bebek dan ayam juga dapat dimasak dengan bumbu woku belanga.

Food Lovers, menu halal yang satu ini wajib anda nikmati di tanah asalnya, Manado!

 

6. Perkedel Nike


perkedel nike manado

perkedel nike manado (by aneka-resep-masakan-online.blogspot.co.id)

 

Perkedel Nike terbuat dari salah satu ikan khas danau kedua terbesar di Indonesia, yaitu danau Tondano. Ikan Nike adalah sejenis ikan Teri, namun rasanya memang berbeda. Ikan Nike dari danau yang juga disebut Wurukus, tetap enak dimakan meski hanya digoreng biasa. Apalagi, jika dibuat Perkedel Nike, rasanya sungguh gurih dan nikmat.

Di rumah makan Manado yang mengusung makanan khas, menu Perkedel Nike biasanya ada. Silakan anda coba, dan rasakan bedanya dengan ikan sejenis, ikan teri.

 

7. Nasi Kuning Manado


nasi kuning saroja terkenal di manado

 

Nasi kuning sebenarnya bukan asli Manado. Beberapa daerah, khususnya Jawa, telah lama pula mengenal nasi kuning. Nasi kuning Manado menjadi makanan Manado yang khas karena citarasanya yang berbeda. Berbeda, karena kalau nasi kuning Jawa pelengkapnya adalah ayam, oseng-oseng tempe, gudeg telur dan perkedel, maka nasi kuning Manado mengandalkan irisan ikan cakalang dan olahan daging sapi dalam ukuran kecil-kecil; kadang ditambahkan telur rebus sesuai permintaan. Pencampuran dan pengolahan bumbu khas Manado telah membuat nasi kuning Manado menjadi salah satu makanan Manado yang enak, halal dan khas sejak dulu.

Salah satu keunikan dari nasi kuning Manado terletak pada saat anda meminta untuk membungkusnya guna dimakan di hotel atau dibawa sebagai oleh-oleh – nasi kuning ini akan dibungkus dengan daun woka (sejenis janur). Jadi, bukan dibungkus dengan daun pisang sebagaimana umumnya nasi kuning di beberapa daerah lain.

Dari sekian banyak rumah makan yang menjual nasi kuning Manado, saya menyarankan anda mencicipinya di Kampung Kodo, salah satu Kawasan Kuliner Manado. Di sana anda akan mudah menjumpai Rumah Makan Saroja dan Rumah Makan Selamat Pagi.

 

8. Ayam Rica-Rica


ayam rica-rica manado

ayam rica-rica manado (by resepresto.com)

 

Salah satu makanan halal lainnya yang patut anda coba sewaktu berada di kota Manado adalah Ayam Rica-Rica. Dari namanya saja sudah jelas, menu ini pasti pedas. Kata “rica” dalam bahasa Manado adalah cabai, dan similiar dengan arti “pedas” (pidis).

Ayam Rica-Rica aslinya memang diolah bagi para penyuka pedas. Kendati demikian, tidak berarti Ayam Rica-Rica hanya menggunakan ayam dan cabai saja. Di samping ayam sebagai lauk utama, Ayam Rica-Rica memakai bahan-bahan antara lain: jeruk nipis, daun pandan, daun bawang, daun jeruk, daun kemangi, cabai merah, cabai rawit, bawang putih dan merah, serai, lengkuas, kunyit, kemiri, jahe, dll. Wah, banyak juga bahan dan bumbu halusnya ya… Makanan Manado memang dikenal kaya dengan campuran bahan dan bumbunya. Tak heran, kalau Ayam Rica-Rica rasanya sangat sedap.

Di luar Manado menu Ayam Rica-Rica cukup mudah dijumpai, tetapi umumnya telah mengalami penyesuaian dengan daerah setempat, sehingga rasanya pun menjadi berbeda. Jadi, apabila anda sedang berada di Manado, burulah makanan Manado yang halal ini. Rasakan bedanya! Maknyuss

 

9. Tuturuga


ayam tuturuga manado

ayam tuturuga manado (by dapuryolanda.com)

 

Menu makanan Manado yang satu ini unik. Unik, karena Tuturuga (kura-kura) sebagai bahan utamanya. Menu makanan khas Manado ini sekarang menjadi langka. Langka, karena pemerintah telah melarang penangkapan Tuturuga secara ilegal. Karena itulah, ayam dan daging sapi menjadi pengganti Tuturuga. Racikan bumbu tetap dipertahankan, hanya dagingnya yang berbeda.

Anda termasuk beruntung bila dapat menyantap hidangan khas dan unik ini di rumah makan Manado. Tapi jika kurang beruntung, menu “Ayam Tuturuga” pun tetap lezat untuk disantap. Sekilas, Ayam Tuturuga mirip dengan opor ayam, tapi rasanya berbeda. Patut dicoba, food lovers!

 

10. Ikan Tude


ikan tude bakar manado

ikan tude bakar manado (by loveindonesia.com)

 

Ikan Tude itu sejenis dengan Ikan Kembung. Bedanya, rasa ikan Tude lebih gurih dibandingkan dengan ikan Kembung. Ikan Tude sangat digemari di Manado. Digoreng atau dibakar, ikan ini tetap enak untuk dikonsumsi, biasanya dengan Dabu-dabu Lilang dan sayur kangkung.

Saking populernya nama ikan Tude, di bilangan Sudirman dan Kelapa Gading Jakarta ada restoran yang bernama Restoran Tude. Ya, ikan Tude memang seterkenal ikan cakalang fufu, ikan yang cuma ada di Manado.

Bila anda akan berwisata ke Manado, silakan mampir di sini untuk mencicipi ikan Tude goreng/bakar yang enak dengan Dabu-dabu Manado.

 

11. Nasi Jaha


nasi jaha kue khas manado

nasi jaha kue khas manado (by tribunnews.com)

Anda belum ke Manado kalau tak sempat menyantap Nasi Jaha. Nasi Jaha adalah kudapan khas Manado. Terbuat dari beras ketan, santan, jahe, dll. Uniknya dari nasi Jaha adalah dalam proses memasaknya. Nasi Jaha dimasak dalam bambu yang sebelumnya telah dilapisi dengan daun pisang. Bambu kemudian dibakar, sampai nasi pun matang.

Apabila proses olahan bahan dan bumbunya pas, dan proses memasaknya juga tepat, maka rasanya enak sekali, coy!

Nasi Jaha biasanya dijual di semua rumah makan Manado, baik di luar kota maupun di kota Manadonya sendiri. Coba deh rasakan enaknya…

 

12. Gohu


gohu asinan manado

gohu asinan manado (by cookpad.com)

 

Huuhh pidis dan sadap,… Itu mungkin komentar anda bila untuk pertama kali mencicipi Gohu. Jenis makanan Manado yang halal ini sangat digemari. Gohu itu sejenis asinan. Buah pepaya mengkal adalah buah yang dipakai untuk membuat Gohu. Biasanya, pepaya diiris seperti dua kali ukuran korek api lebarnya. Ditambah dengan campuran cuka secukupnya, air, cabai, gula aren (gula batu, sebutan Manado), bakasang (larutan kental hasil fermentasi telur ikan), dan jahe. Rasa pedas dari makanan ini didapatkan dari adanya cabai dan jahe. Karena itu, kadang ditambahkan sedikit gula untuk menambah sensasi manis dan mengurangi rasa pedas berlebihan. Terkadang pula, ditambahkan dengan potongan mentimun, yang membuat kudapan ini menjadi segar, asam-manis dan pedas. Uhh

Di Manado, Gohu biasanya dinikmati bersama sahabat, sembari bercengkrama. Konon, menurut survey, kaum perempuan-lah yang paling banyak meminati makanan khas Manado yang satu ini.

Berani coba? Coba kalau berani!

 

13. Es Brenebon


es brenebon manado

es brenebon manado (by indolah.com)

 

Menu es Manado yang paling terkenal adalah Es Brenebon atau Es Kacang Merah. Saking khasnya, Es Brenebon sering juga disebut dengan Es Manado. Es Brenebon atau Eis (sebutan Manado) Kacang Merah, di Manado cukup dibilang dengan “Es Kacang”. Jadi, kalau di Manado anda mengatakan: “Pesan Es Kacang”, maka pelayan akan membawakan anda Es Kacang Merah. Lain halnya, jika anda mengatakan: “Pesan Es Kacang Tanah”, maka pelayan akan membawakan anda es dengan kacang tanah sebagai bahan utamanya. Es Kacang Tanah cukup populer juga di Manado.

Es Brenebon cocok disantap bersama Gohu dan kudapan kue khas Manado lainnya, seperti: balapis, lalampa, apang coe, dll.

Sempatkan waktu anda berkunjung di Rumah Es Miangas, pioneer-nya Rumah Es di Manado, yang menyediakan Es Brenebon, Gohu dan kue khas Manado yang super lekker.

 

14. Klapertaart


klapertaart kue khas manado

klapertaart kue khas manado (by bisikan.com)

 

Klappertaart sebenarnya berasal dari Belanda. Namun, ia menjadi terkenal di Indonesia berawal dari Manado. Klapertaart sebenarnya disajikan sebagai dessert. Namun, kelezatan dan kenikmatannya yang khas membuat kue ini akhirnya disantap di segala waktu.

Klappertaart terbuat dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Selain rasa original, sekarang Klappertaart tampil dengan beragam flavor (rasa). Ada rasa Blueberry, Chocolate, Keju, Durian dan Rum Raisin.

Kue yang semakin sedap dinikmati kala dingin (dari kulkas) ini mengandung kalori yang tinggi, karena kandungan gula dan susunya.

Di Manado ada banyak toko kue dan rumah makan Manado yang menjual kue lezat ini. Datang dan makang banya-banya, sobat! (datang dan makan yang banyak, sobat).

 

15. Dodol Manado


dodol khas manado

dodol khas manado (by ksmtour.com)

 

Dodol Manado sebenarnya berasal dari Amurang, salah satu daerah di Minahasa, Sulawesi Utara. Dodol Amurang atau Dodol Manado sering pula disebut dengan “Dodol Kenari”. Disebut demikian, karena disamping terbuat dari ketan putih dan gula merah/gula aren, dodol ini ditaburi dengan kacang kenari yang ditumbuk kasar. Inilah yang membuat Dodol Manado beraroma sangat harum.

Sekali anda menyantap makanan Manado yang halal dan khas ini, anda akan menyukainya. Buktikan deh!

 

16. Kue khas Manado


apang beras kue khas manado

apang beras kue khas manado (by tribunnews.com)

 

Di samping makanan Manado yang khas di atas, kue-kue (kukis) Manado pun wajib anda coba. Beberapa di antaranya tak asing lagi, yaitu: balapis, lalampa (lemper), cucur, apang coe, kolombeng, biapong, panekuk, pisang goreng goroho, panada, koyabu, dll.

Kue-kue khas Bumi Nyiur Melambai tersebut mudah dijumpai, baik di restoran ternama dan di berbagai rumah makan yang menjual makanan khas Manado.

Demikianlah 16 Makanan Manado Halal dan Recommended, yang dapat Anda coba nikmati sewaktu berada di kota Manado. Jangan sampai terlewatkan ya…! [CT]

 

foto dari berbagai sumber

 

Calvyn Toar

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang m...

Related Post

thumbnail
hover

Lirik Lagu Body Babadontot dan Artinya

(Diciptakan oleh: Hendro Engkeng, Dipopulerkan oleh: GRS (Hendro Engkeng Vandi Lakada) Salam jumpa dari kami disiniMenemani pesta di malam i...

thumbnail
hover

Lirik Lagu Anjing Kacili dan Artinya

(Diciptakan & dipopulerkan oleh: Tian Storm/Bassgilano)  Hey kawan mari gabung disini Bassgilano kembali lagi Menghibur kita semua ...

thumbnail
hover

Daftar Hotel di Manado 2019

Daftar Hotel di Manado 2019 ini belum terjadi peningkatan jumlah yang signifikan. Setidaknya hanya 1 hotel bintang tiga baru yang eksis...

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.

1
Ayo bertanya! :D
Powered by