Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Gadis Cilik Bule Fasih Bahasa Manado

Gadis Cilik Bule Fasih Bahasa Manado – Seorang anak perempuan berusia sekitar 6 tahun, bertampang bule, tampak sangat fasih berbahasa Manado. Hal itu terlihat dalam video berdurasi 19 menit lebih yang kini viral via media sosial.

Video yang diunggah pertama kali melalui akun Facebook, Kiki Kijo, pada Kamis (18/1/2017) itu sontak viral dalam tempo 23 jam saja. Hingga dengan hari ini, video tersebut telah di-like lebih dari 400 kali, disimpan lebih dari 1000 kali, dan di-share lebih dari 13 ribu kali.

Jika dilihat dari akun Kiki Kijo, video gadis cilik bule fasih bahasa Manado ini terbagi menjadi 4 video. Video pertama, yang paling panjang, berdurasi 19,20 menit. Isinya, gadis cilik berwajah Eropa, yang berjalan beriringan bersama ibunya, usai pulang sekolah, menuju ke tempat parkir.

Selama perjalanan menuju tempat parkir, gadis cilik bule ber-sweater pink ini menceritakan pengalamannya di sekolah, menggunakan bahasa Manado yang fasih. Sedikit sekali bahasa Inggris yang diselipkannya dalam ceritanya. Sesekali, ibunya yang merekam video itu, bertanya dengan logat Manado yang kental pula.

Dalam percakapan dengan ibunya, diketahui bahwa Samantha adalah namanya (pada menit ke-5). Rupanya, Samantha tergolong anak yang periang di sekolahnya; ia bahkan disebut anak yang noisy (berisik); Ia hanya quiet (tenang/diam) manakala fever (sakit/demam).

Setiba di mobil, Samantha terus berbicara dalam logat Manado. Setelah menenggak minuman botolnya (lemonade), ibunya Samantha yang kemungkinan besar berasal dari Minahasa, mulai menyetir mobil dan bermaksud menjemput suaminya. Dalam perjalanan, ibu Samantha menyetel lagu Manado. Mendengar itu, Samantha begitu antusias menyanyikan lagu tersebut dengan cukup lancar.

Lagu yang dinyanyikan Samantha, liriknya (kalau tidak salah) sebagai berikut:

Biar so jao (2x)

torang sayang…

Kita pe hati (2x)

Nyanda balaeng

Biar jo orang mo bilang apa

Biar jo orang mo kata apa

Kita pe hati cuma inga pa ngana

Lantaran itu (2x)

jang sampe lupa

Torang pe janji (2x)

tu tempo hari

biar susah biar saki

kita salalu batahang diri

karna tu sayang

cuma cuma pa ngana

 

Doe.. edodoe..

kalo so boleh

lakas jo bale…

Mo brapa lama kita harus batunggu

Doe.. edodoe..

kalo so boleh

lakas jo bale…

 

Sebelumnya, Samantha berucap bahwa lagu tersebut dibuat oleh ayahnya (pada menit ke-9). Apakah betul ayah Samantha yang menulis lagu itu? Lagu bernuansa galau itu memang terdengar sedap didengar.

Tak cuma video berdurasi panjang tersebut bermateri aksi Samantha dengan logat Manado-nya. Terdapat 3 video lagi dalam durasi yang lebih pendek.

Video Samantha ke-2 berdurasi 1,37 menit (ia sedang menyantap Tinutuan alias Bubur Manado, sembari diajarkan bahasa Minahasa); Video ke-3 berdurasi 6,45 menit (Samantha, adiknya dan kedua orangtuanya yang sedang berada di dapur); dan Video ke-4 berdurasi 7,31 menit adalah penggalan video pertama, dimana Samantha, ibu dan ayahnya berada dalam mobil sambil mendengarkan lagu Manado.

Masing-masing video, secara keseluruhan telah ditonton ribuan kali, di-like ratusan kali, di-share ribuan kali, dan bahkan disimpan ribuan kali pula.

Menariknya, di ujung durasi video ke-4, ibu dan ayah Samantha memintanya memakai bahasa Inggris saja dalam berbicara, tetapi dengan tegas ia berkata: No! Samantha rupanya senang berbahasa Indonesia, utamanya berdialek Manado.

Tak cuma soal bahasa Manado yang dituturkan seorang gadis cilik berparas bule, yang dapat dilihat dari video tersebut, tetapi ada hal lebih penting yang bisa dipetik. Bahwa, sejauh apapun kita melangkah di ujung dunia, darah dan jiwa sebagai Indonesia itu tetap dalam diri, tak bakal hilang oleh apapun! Dan, di negeri manapun kita terlahir dan berpijak, tanah leluhur selalu di hati; Selalu ingin kembali ke tanah tumpah darah; Selalu cinta Indonesia!

Bravo Samantha!

 

Kamu ingin melihat tingkah lincah Samantha dengan logat Manado-nya yang kental dan fasih? Ini link videonya:

https://www.facebook.com/freky.dexi/videos/2242784339080284/

https://www.facebook.com/freky.dexi/videos/2242795532412498/

https://www.facebook.com/freky.dexi/videos/2243127542379297/

https://www.facebook.com/freky.dexi/videos/2243258272366224/

 

 

 

Calvyn Toar

digital marketer, startup developer, growth hacker, SEO-SMO expert, ghostwriter | driven by heart | 0812 8069 8459 - SMS before please "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa beruba...

Related Post

thumbnail
hover

Hotel di Manado – Berkelas Dunia!

Hotel di Manado—Usai reklamasi pantai Manado, yakni pada awal tahun 2000an, industri wisata menggeliat di kota seluas 166,9 km² ini. Indu...

thumbnail
hover

7 Homestay di Manado: Pas untuk...

Homestay di Manado – Apa sebenarnya yang dimaksud dengan homestay itu? Homestay mirip dengan guesthouse. Hanya, biasanya pemilik rumah tin...

thumbnail
hover

5 Guesthouse di Manado: Cocok untuk...

5 Guesthouse di Manado – Menurut infobaswara.com, Guesthouse adalah tempat penginapan yang menyerupai rumah dengan beberapa kamar yang dis...

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.