JIKA Anda berencana wisata ke Manado, tak akan sempurna wisata Anda tanpa ber-Wisata Religi di Prayer Hill of Tomohon!

Bukit Doa Tomohon (Prayer Hill of Tomohon) dikenal juga dengan beberapa sebutan, yaitu: Bukit Doa MahawuBukit Kelong, dan Jalan Salib Mahawu. Bukit Doa Tomohon merupakan salah satu obyek wisata alam sekaligus wisata religi di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut). Keindahan alam yang berpadu dengan sejuknya udara pegunungan Kota Tomohon, membuat setiap pengunjung betah untuk berlama-lama di tempat ini. Tak heran, jika Bukit Doa Tomohon menjadi salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berada di kota sejuta pesona, Manado.

Suasana Menuju Lokasi

Bukit Doa Tomohon berada di kaki Gunung Mahawu, tepatnya di jalan lingkar timur, desa Kakaskasen II, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulut. Untuk mencapai lokasi ini, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 45 menit hingga 60 menit dari Kota Manado. Sebenarnya, Bukit Doa Tomohon tidaklah begitu jauh dari Kota Manado, akan tetapi dikarenakan jalan dari Kota Manado menuju Kota Tomohon yang menanjak dan berbelok-belok, ditambah ruas jalan yang tidak terlalu lebar, membuat Anda tidak bisa memacu kendaraan dengan cepat.

Jalan mendaki yang berkelok-kelok dipastikan akan menambah sensasi perjalanan Anda. Di beberapa titik (salah satunya di samping Rumah Makan Pemandangan Tinoor), Anda bisa melihat panorama Kota Manado dengan latar belakang laut, dan di kejauhan tampak Manado Tua, Pulau Bunaken, dan Siladen. Rumah Makan Pemandangan Tinoor menyajikan rupa-rupa makanan khas Manado, termasuk menu ekstrim seperti Paniki (kelelawar), tikus hutan, dll.

Bagi Anda yang memiliki budget mencukupi, ada baiknya Anda menggunakan (menyewa) kendaraan sendiri, sehingga bisa dengan leluasa mengunjungi berbagai tempat wisata di Kota Tomohon dan sekitarnya. Untuk ini, Anda dapat meminta bantuan pemandu wisata lokal di Manado.

Akses bagi Backpacker

Bagi para pelancong dengan biaya terbatas (backpacker), untuk menuju Prayer Hill of Tomohon, dari pusat Kota Manado, Anda tinggal naik mikrolet (angkot) jurusan Wanea Samrat, menuju ke terminal Karombasan. Begitu tiba di terminal Karombasan, Anda bisa mencari Bus jurusan Tomohon. Agar tidak tersesat, sampaikanlah kepada kondektur, bahwa Anda hendak menuju ke Bukit Doa Tomohon. Jangan malu untuk meminta bantuan kondektur untuk menurunkan Anda di pangkalan ojek yang berdekatan dengan Bukit Doa Tomohon. Atau, jika waktu Anda cukup leluasa, Anda bisa turun di terminal Tomohon, dan dari situ, tanyakanlah petunjuk ke arah Pasar Tomohon. Di sana, Anda akan melihat sendiri serta mengabadikan ekstrimnya Pasar Tomohon; pasar yang disebut-sebut terekstrim di Indonesia. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Prayer Hill of Tomohon.

Untuk menuju Bukit Doa Tomohon terdapat dua pintu masuk. Pintu masuk pertama, dengan berjalan kaki. Biasanya jalan ini dipergunakan bagi umat Katolik yang akan mengikuti Jalan Salib; prosesi untuk mengenang peristiwa sengsara Yesus Kristus. Di tanah yang berkontur berbukit-bukit ini terdapat perhentian-perhentian. Puncak via dolorosa ini adalah Chapel of Mother Mary. Di lokasi di atas bukit ini terdapat The Grotto of Mother Mary, Gua Mahawu dan Amphiteater.

Amphiteater

Amphiteater berbentuk setengah lingkaran dan terlihat seperti Coloseum di Roma. Amphiteater ini biasa dijadikan lokasi pertunjukan seni dan budaya, dan bisa pula dijadikan altar untuk peribadatan. Selain itu, Amphiteater juga sering digunakan untuk lokasi fotografi landscape hingga foto pre-wedding.

amphiteater bagai coloseum roma
amphiteater bagai coloseum roma

Ada Via Dolorosa

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata rohani, Anda bisa menyusuri lokasi yang dikenal dengan nama jalan salib mahawu. Sepanjang melewati lokasi ini, Anda bisa berhenti di 14 lokasi perhentian yang terdapat berbagai macam patung yang seolah-olah menceritakan kisah sengsara Tuhan Yesus. Melewati jalan salib ini, Anda seolah-olah dibawah hanyut mengenang tragedi penyalipan Tuhan Yesus ribuan tahun yang lalu – Sungguh sangat menyentuh hati siapapun jika berada di lokasi ini…

bukit-doa-tomohon7


Kaki mungkin akan terasa sakit, badan mungkin akan terasa lelah dan keringat akan mengucur deras saat menanjak Bukit Doa Tomohon. Namun, saat tiba di puncak, Anda akan mendapat ganjaran setimpal. Pemandangan alam yang spektakuler tersaji di depan mata. Sambil duduk di atas rerumputan dan membelakangi perbukitan Mahawu, Anda bisa dengan leluasa melihat pemandangan Gunung Lokon yang menjulang tinggi. Hijaunya perkebunan terpapar di depan mata Anda tanpa halangan. Udara segar dengan pemandangan yang menakjubkan akan membuat tubuh Anda seperti mendapat suntikan energi. Pesona wisata alam ini sulit dicari bandingannya di tempat-tempat lain di Bumi Nyiur Melambai, bahkan di mana-mana tempat di Indonesia!

bukit-doa-tomohon10


Indah & Romantis

Pemandangan alam yang begitu indah, bersih, sejuk dan tertata dengan sangat rapi, menjadikan Bukit Doa Mahawu bak sebuah magnet yang menarik setiap orang untuk berkunjung ke tempat ini. Atas semua kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika Jalan Salib Mahawu menjadi lokasi perhelatan berbagai macam kegiatan, mulai dari tempat wisata alam dan wisata religi umat Kristiani, lokasi outbond, lokasi gathering, tempat berlangsungnya pemberkatan nikah yang kudus, hingga menjadi tempat menggelar pesta pernikahan dengan nuansa pesta taman yang romantis. Duh…

wedding di bukit doa tomohon
wedding di bukit doa tomohon

Spot Lain

Tempat (spot) lain yang bisa Anda kunjungi adalah Chapel Mahawu. Bangunan dengan arsitektur yang unik berpadu dengan pemandangan yang indah membuat tempat ini sering dijadikan lokasi favorit bagi wisatawan untuk berfoto. Tak hanya itu, Chapel Mahawu sering menjadi saksi sepasang kekasih mengikat janji suci dalam pernikahan yang kudus. Bagi Anda yang ingin menggelar pernikahan dengan suasana alam terbuka yang indah, Bukit Doa Tomohon menjadi tempat yang paling direkomendasikan! Anda tak perlu repot-repot menyiapkan segala kebutuhan untuk pernikahan di tempat ini, karena pihak pengelolah Bukit Doa Mahawu Tomohon dapat menyediakan semua fasilitas yang diperlukan mulai dari persiapan dekorasi, sound system, catering, prosesi pernikahan hingga pesta pernikahan bertema out door. Bagi keluarga dan para tamu yang hendak menginap pun tersedia Penginapan Alamanda Retreat Tomohon, yang berarsitektur rumah panggung Minahasa. Unik, sekaligus nyaman. Menginap di sini, Anda bisa lupa pulang.

Jangan lewatkan pula untuk mengunjungi Kelong Garden yang merupakan salah satu tempat favorit di Bukit Doa Tomohon. Lokasi inilah yang biasa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan bertema out door. Selain itu, tempat ini sering pula dijadikan lokasi outbound, seminar dan rapat dengan suasana yang segar plus pemandangan yang memukau.

Selain tempat-tempat yang telah disebutkan di atas, masih ada beberapa tempat menarik lainnya yang bisa anda kunjungi di Bukit Doa Tomohon seperti: The Grotto of Mother Mary, Gua Mahawu, Alamanda Retreat dan Moyaporong.

Tertarik?

Untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang Wisata Religi di Prayer Hill of Tomohon, hubungi: 0431-3558833.

 

sumber: www.seputarsulut.com

img: jbedahnusantara.wordpress.comrumahretreatalamanda.blogspot.comdeivin-ganap.blogspot.comwww.1001wisata.comarintacerita.wordpress.comwww.panoramio.com


Baca juga:

Danau 3 Warna

 

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Tinggalkan Balasan

Close Menu
Klik disini
1
Ada pertanyaan?
Hi, ayo bertanya :)
Powered by