7 Homestay di Manado: Pas untuk Traveler Milenial

Homestay di Manado – Apa sebenarnya yang dimaksud dengan homestay itu? Homestay mirip dengan guesthouse. Hanya, biasanya pemilik rumah tinggal bersama para tamu. Homestay biasanya dimiliki secara pribadi.

Dari segi bentuk, homestay sejatinya adalah sebuah rumah—memiliki cukup kamar yang layak disewakan. Homestay tidak sama dengan tempat kost atau rumah kost, meskipun sama-sama merupakan sebuah rumah. Homestay disewakan secara harian, sedangkan kost disewakan secara bulanan—kendatipun sekarang ini, ada pula rumah kost yang menyewakan kamarnya secara harian.

Homestay di Manado tidak sebanyak Hotel Melati yang mencapai 38 buah banyaknya. Setidaknya, ada sekitar 15 homestay yang eksis di Manado dan sekitarnya–sejumlah di antaranya merangkap sebagai rumah kost.

Inilah 7 Homestay di Manado yang pas untuk Traveler Milenial:

 

1. Libra Homestay

libra homestay manado

(img booking.com)

Homestay ini sangat terkenal di kalangan pelancong domestik bahkan mancanegara. Homestay top Manado ini terletak di:

Jl. Pramuka XI No. 16, Sario-Manado. Telp. 0821-9268-6320

Dari Bandara Sam Ratulangi menuju ke Libra Homestay, hanya membutuhkan waktu 30 menit berkendara. Sedangkan untuk mencapai Bunaken, dibutuhkan 1 jam perjalanan laut melalui sejumlah pelabuhan kecil.

Homestay ini hanya membutuhkan 5 menit berkendara untuk mencapai pusat keramaian Manado, seperti Manado Town Square dan Kawasan Boulevard.

Libra Homestay menawarkan kamar-kamar berperabotan minimalis dengan kamar mandi pribadi di dalam kamar, yang dilengkapi dengan AC, TV kabel, lemari, meja, dan fasilitas shower air panas.

Akses Wifi gratis tersedia di area publik, sementara layanan antar-jemput bandara dengan biaya tambahan dapat diatur oleh staf.

Homestay ini menyediakan fasilitas barbekyu, penyewaan mobil, dan layanan binatu dengan biaya tambahan. Wisata harian juga dapat diatur dengan pemilik rumah yang dikenal sangat ramah dan komunikatif.

Adapun biaya inap di homestay ini sekitar 300 ribuan.

 

2. Daniel Homestay

Daniel Homestay bunaken manado

(img hotel.com.au)

Homestay ini beralamat di:

Pangalisang Beach, Bunaken, Manado. Pantai Pangalisang adalah sisi berbeda dari Pantai Liang, yang merupakan pintu masuk utama wisata di Pulau Bunaken.

Untuk mencapai homestay ini, membutuhkan waktu 45 menit perjalanan laut dari Pelabuhan Manado. Jika ingin dijemput di Bandara Sam Ratulangi, pemilik homestay ini akan mengirimkan stafnya untuk menjemput kamu.

Setiap kamar di Daniel Homestay dilengkapi dengan kipas angin dan balkon pribadi yang menampilkan pemandangan kawasan alam sekitarnya, utamanya laut Bunaken; Setiap kamar menawarkan kamar mandi en-suite, kelambu nyamuk, Wifi, dan peralatan mandi gratis.

Homestay Daniel menyediakan layanan binatu dan kursus menyelam di tempat untuk kenyamanan para tamu. Tersedia juga meja layanan wisata yang bisa membantu kamu menuju ke lokasi wisata lain di sekitar pulau, seperti Pulau Siladen, Pulau Mantehage, Pasir Timbul Nain di Pulau Nain, dan sejumlah spot wisata menarik di Manado.

Perihal menu makanan, Daniel Homestay menyajikan beragam hidangan Barat secara prasmanan–homestay ini banyak disewa oleh turis mancanegara yang hendak mengeksplore taman laut Bunaken yang tersohor.

Biasanya, jika turis tidak beraktivitas air, mereka berjemur di teras homestay ini. Ini salah satu spot favorit di sini.

Oya, jika kamu berasal dari pulau Sulawesi yang melancong ke Manado menggunakan kendaraan pribadi, harus diingat, tidak ada tempat parkir kendaraan di homestay ini, karena akomodasi terkenal di Bunaken ini berada di kepulauan. Dalam hal ini, kamu mesti memarkir kendaraan di kota Manado.

Adapun harga inap per malam di homestay ini tak lebih dari 500 ribu rupiah. Harga inap tersebut terbilang murah untuk sebuah akomodasi yang berada di pulau wisata terkenal sekelas Bunaken.

 

3. Bunaken Tandjoeng Homestay

Bunaken Tandjoeng Homestay

(img tripAdvisor.com)

Homestay ini terletak di:

Kelurahan Bunaken (Lingkungan 1) Kecamatan Bunaken Kepulauan, Manado

Salah satu akomodasi di Bunaken ini berada di tepi pantai, sehingga panorama laut dan aktivitas hilir mudik nelayan dan pengunjung, menjadi pemandangan saban hari.

Kendati berada di Pulau Bunaken, akses Wifi tersedia cukup bagus di sini; Tidak tersedia kamar mandi di tiap kamar. Kamar mandi digunakan bersama, demikian pula dapur jika kamu berencana memasak air dan atau makanan ringan.

Karena berada di pulau wisata sekelas Bunaken, sayang jika kamu tidak snorkeling dan atau diving di sini.

Selain diving di belasan spot memukau Bunaken, kamu dapat menyewa perahu warga sekitar untuk melipir ke Pulau Siladen yang berjarak tak jauh, guna menyaksikan nuansa berbeda pulau wisata.

Harga inap di sini tergolong murah, yakni sekitar 300 ribuan per malam. Sama seperti Daniel Homestay, akomodasi ini ramai pengunjung, maka kamu harus reservasi terlebih dahulu untuk memastikan adanya ketersediaan kamar.

Simak pula: Tarif ke Bunaken Saat Ini

 

4. Rumah Singgah Manado

Rumah Singgah Manado

(img tripadvisor.co.uk)

Rumah Singgah Manado beralamat di:

Jl. Yos Sudarso 12 No. 11, Kairagi Weru, Paal Dua, Kota Manado. Tlpn. 0431-866854

Dari bandara menuju ke alamat ini hanya berjarak 10 km, atau dapat ditempuh dalam 25 menit berkendara.

Jika hendak menuju ke Bunaken, mesti merapat terlebih dahulu ke Pelabuhan Manado yang berjarak 2,6 km dari homestay ini. Sedangkan bila hendak melihat keramaian kota, dapat menuju ke kawasan Boulevard yang berjarak 3,5 km, atau ditempuh dalam 15 menit berkendara.

Kamar di homestay ini lumayan bagus, meski tanpa ranjang—kasur ditempatkan langsung di lantai; Kamar yang berukuran luas, berisi 2 kasur dan ranjang susun. Tersedia pula kursi di tiap kamar. Kipas angin pun ditempatkan di tiap kamar.

Rumah setara homestay ini mempunyai dapur, ruang tamu dan teras yang tertata rapi. Sejumlah kursi yang terbuat dari bambu mendominasi hampir setiap ruang. Selain itu, halaman parkir yang cukup luas bersanding harmoni dengan pendopo kecil beratap ijuk di pojok.

Harga inap di sini sangat murah, yakni tak lebih dari 150 ribu per malam! Harga tersebut sudah termasuk sarapan di pagi hari.

 

5. Miracle Homestay

Miracle Homestay Manado

Homestay ini berada di luar kota Manado, yakni:

Jalan Tumpaan Kawangkoan, Lewetan, Wori-Manado

Bandara Internasional Sam Ratulangi dapat dicapai dalam 90 menit dari Miracle Homestay.

Spot wisata terkenal seperti Bukit Kasih, dapat dijangkau dalam waktu singkat dari sini. Begitu pula dengan objek wisata Danau Tondano, yang dapat ditempuh dalam 30 menit saja.

Kondisi kamar homestay ini berperabotan simpel. Disediakantempat duduk dan lemari di tiap kamar; Kamar-kamar tertentu memiliki kamar mandi dalam yang dilengkapi dengan peralatan mandi.

Layanan antar-jemput bandara dan sekitarnya tersedia dengan biaya tambahan. Bagian penerima tamu buka dari pukul 06:00-23:00 setiap hari.

Bak hotel, terdapat pula bar, makanan ringan dan layanan kamar di sini. Selain itu, kamu dapat mencicipi makanan Indonesia di Sarinah Restaurant, yang terletak sejauh 20 menit berjalan kaki dari sini; dan berbagai hidangan lokal disajikan di Rumah Kopi Gembira, yang melegenda, yang berjarak 10 menit berkendara.

 

6. Radiva Homestay

Radiva Homestay Manado

(img twitter.com)

Homestay ini beralamat di:

Jl. Daan Mogot Raya No.17-19, Banjer, Tikala-Manado. Tlpn. 0431-854788, 0811434063

Homestay ini dapat dijangkau dari bandara dalam 35 menit berkendara. Sedangkan untuk menuju Pelabuhan Manado (untuk bertolak ke Bunaken), membutuhkan waktu tak lebih dari 15 menit dari alamat ini.

Sistem inap di Radiva Homestay bersifat fleksibel. Tak hanya dapat disewa per malam, pemilik akomodasi ini membolehkan kamarnya disewa mingguan dan bulanan (model kost).

Terletak di Tikala Manado, lokasi ini bisa dibilang strategis sebagai start awal menjangkau sejumlah tempat penting di kota Manado. Rumah Kopi Tikala (salah satu rumah kopi yang disebut-sebut yang tertua di Manado), dapat dijangkau tak lebih dari 5 menit.

Dari sini, menuju ke kawasan pecinan Manado, dimana Kuil Ban Hin Kiong berada, dapat dicapai dalam 10 menit berkendara; Hangout di Jalan Roda Manado yang legendaris itu, bisa dicapai dalam 10 menit pula. Sedangkan untuk menuju ke kawasan Boulevard, kamu bisa menempuhnya dalam 15 menit berkendara.

Harga inap di homestay yang sangat cocok untuk traveler milenial ini sangat terjangkau. Karena sering penuh unit kamarnya, sebaiknya kamu reservasi by phone dulu ya.

 

7. Novita Homestay

Novita Homestay Manado

(img booking.com)

Homestay ini beralamat di:

Kelurahan Bunaken Lingkungan I, Bunaken Kepulauan, Manado. Tlpn. 0812-4430-729

Homestay ini disebut pula dengan Novita Homestay & Resto Orange. Sesuai namanya, Novita Homestay memang didominasi warna orange pada eksteriornya.

Novita Homestay & Resto Orange berjarak sekitar 14 km dari kota Manado—dapat ditempuh dari Pelabuhan Manado dengan kapal cepat (longboat) atau perahu taksi dengan tarif yang sangat murah.

Sejumlah kamar mempunyai view yang langsung berhadapan dengan lautan, pegunungan, dan taman. Terdapat teras dan lounge juga di sini—dua spot tersebut menjadi spot santai favorit para turis. Wifi gratis dan restoran dalam sajian prasmanan (makanan Asia) tersedia di homestay ini. Terkait menu makanan, ikan bakar ala Manado di homestay ini, juara!

Kegiatan yang dapat kamu lakukan selama berada di sini tentu saja snorkeling, diving, memancing dan membaca (ada perpustakaan). Perlu diperhatikan, jika kamu hendak melakukan 3 aktivitas air itu di lokasi berbeda, ada biaya tambahan yang harus kamu bayar.

Pemilik dari homestay ini dikenal ramah dan friendly. Begitu pula para pembantunya. Kamu akan serasa di rumah apabila menginap di sini.

So, jika kamu berniat mengeksplore Bunaken, homestay ini recommended untuk kamu!

Demikianlah daftar sejumlah homestay di Manado dan sekitarnya, yang cocok untuk traveler milenial; Salah satu ciri traveler milenial, tidak mengutamakan mewahnya tempat akomodasinya. Yang penting layak, murah, nyaman dan aman, homestay biasa pun dapat jadi pilihan. Dan satu yang penting bagi traveler milenial, ketersediaan Wifi adalah wajib hukumnya!

Traveler Milenial, selamat berlibur di Manado…

 

 

dari berbagai sumber

 

 

Lihat pula:

5 Guesthouse di Manado: Cocok untuk Backpacker

Traveler Milenial Menyukai Manado

 

 

Attachments
Calvyn Toar

digital marketer, startup developer, growth hacker, SEO-SMO expert, ghostwriter | driven by heart | 0812 8069 8459 - SMS before please "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa beruba...

Related Post

thumbnail
hover

Hotel di Manado – Berkelas Dunia!

Hotel di Manado—Usai reklamasi pantai Manado, yakni pada awal tahun 2000an, industri wisata menggeliat di kota seluas 166,9 km² ini. Indu...

thumbnail
hover

Gadis Cilik Bule Fasih Bahasa Manado

Gadis Cilik Bule Fasih Bahasa Manado – Seorang anak perempuan berusia sekitar 6 tahun, bertampang bule, tampak sangat fasih berbahasa Mana...

thumbnail
hover

5 Guesthouse di Manado: Cocok untuk...

5 Guesthouse di Manado – Menurut infobaswara.com, Guesthouse adalah tempat penginapan yang menyerupai rumah dengan beberapa kamar yang dis...

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.