Traveler Milenial Menyukai Manado

TRAVELER Milenial menyukai Manado, bukan isapan jempol! Fakta ini berdasarkan data dari Online Travel Agency (OTA) papan atas, Agoda.com. Sebagaimana yang dilansir oleh manadolog.blogspot.co.id, survey yang dilakukan Agoda.com, pada tahun 2015 dan 2016, perihal “Pertumbuhan Destinasi Domestik di Kalangan Traveler Milenial Indonesia” menunjukkan, 6 dari 10 destinasi pilihan traveler milenial adalah tempat wisata yang dekat dengan alam dan taman nasional.

Dari data tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa traveler milenial lebih menyukai destinasi wisata yang dekat dengan alam ketimbang spot hangout di tengah kota, seperti mal dan city tour.

Inilah 6 tujuan wisata alam dan taman nasional milik negeri sendiri yang paling disukai traveler milenial:

 

1) Sukabumi, 2) Lampung, 3) Samosir, 4) Manado, 5) Lombok, 6) Labuan Bajo

Kenapa Sukabumi masuk dalam daftar ini? Karena Sukabumi terkenal dengan objek wisata Pelabuhan Ratu-nya. Objek wisata andalan Sukabumi itu memiliki karakteristik tebing karang yang terjal, ombaknya yang besar, dan tentu saja panorama pantai yang indah. Spot wisata andalan Sukabumi ini bahkan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

pelabuhan ratu disukai traveler milenial

pelabuhan ratu disukai traveler milenial (by tigapilarnews.com)

Di samping itu, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, tak pernah sepi didatangi para pendaki dalam dan luar negeri. Taman nasional ini begitu luas karena terletak di 3 kabupaten di Jawa Barat, yakni: Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Kenapa Lampung? Lampung sedang hits! Keindahan bawah air Pulau Pahawang-nya memikat traveler milenial. Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran Lampung. Keindahan Pahawang, disebut-sebut yang terbaik di barat Indonesia.

Sedangkan Samosir, sudah terkenal lama. Keunikan pulau yang berada di tengah Danau Toba itu, selalu membuat jatuh hati, siapapun yang datang berkunjung. Secara keseluruhan, wisata di kawasan Danau Toba, yang terbentuk akibat erupsi maha dahsyat sekitar 75.000 tahun lalu itu, tak akan mengecewakan. Tak heran, spot indah di Sumatera Utara ini, menjadi salah satu andalan traveler milenial.

taman laut bunaken andalan manado menyambut traveler milenial

taman laut bunaken andalan manado menyambut traveler milenial (by vacationbaliindonesia.com)

“Manado, mulanya terkenal mendunia dengan Taman Laut Bunaken-nya. Taman laut yang bahkan disebut-sebut sebagai salah satu yang terindah dan terlengkap biota lautnya di dunia. Taman laut ini berada di Kawasan Taman Nasional Bunaken, dimana terdapat sejumlah objek wisata populer lainnya, seperti Pulau Siladen, Manado Tua, Pulau Mantehage, dan Pulau Nain. Di samping itu, terdapat ratusan tujuan wisata di Manado, termasuk city tour dalam kotanya yang memukau, dimana perbukitan, gunung, pantai dan laut menyatu menyuguhkan panorama keindahan alam yang tiada tara”

rumah pohon urongo tondano-manado

rumah pohon urongo tondano-manado, sedang hits! (by lihat.co.id)

Tak cuma itu, puluhan objek wisata pantai Manado yang indah-indah, seperti Pantai Pall dan Pantai Pulisan, akan membuat kagum siapapun, termasuk milenials. Di luar itu, sejumlah objek wisata manado dan sekitarnya yang kini sedang hits, seperti: Benteng Moraya, Gunung Tumpa dan Rumah Pohon Urongo Tondano, pasti membuat millennials traveler puas, dan pulang membawa sejuta kenangan. Datang dan buktikan sendiri ya!

Lombok, jelas masuk dalam daftar ini, karena keindahan 17 gili-nya (pulau yang dikelilingi lautan), yang sungguh memukau. Wisatawan yang berkunjung ke gili akan dimanjakan dengan panorama indah sekitaran pulau, dan pemandangan bawah laut yang mempesona.

pantai pink lombok. instagramable!

pantai pink lombok. instagramable! (by travelwisataindonesia.com)

Di samping itu, terdapat pantai unik di Lombok, yang juga memikat, yaitu Pantai Tangsi, yang lebih dikenal dengan “Pantai Pink”. Disebut Pantai Pink, lantaran sejauh mata memandang, warna pasir pantai ini benar-benar berwarna merah muda yang sungguh menggoda. Wow!

komodo di labuan bajo menarik bagi traveler milenial

komodo di labuan bajo menarik bagi traveler milenial (by youtube.com)

Labuan Bajo, terkenal di seantero dunia melalui Taman Nasional Komodo, tempat dimana salah satu hewan purba zaman Dinosaurus, masih hidup. Komodo diakui merupakan hewan purba yang mampu berevolusi dan bertahan hidup hingga kini. Hewan liar ini cuma ada di Labuan Bajo, Indonesia.

Inilah daftar lengkap 10 tujuan wisata yang paling disukai para traveler milenial:

  1. Sukabumi
  2. Lampung
  3. Samosir
  4. Manado
  5. Lombok
  6. Labuan Bajo
  7. Karawang
  8. Cikarang
  9. Tegal
  10. Puncak (Bogor)

Sekadar info, by data, di tahun 2020 hingga 2030, Indonesia akan surplus para milenials. Siapa itu Milenials? Generasi milenial adalah generasi baru Indonesia yang lahir dalam kurun waktu 1980-an hingga 1997 (saat ini berusia 15-35 tahun). Disebut milenial, karena mereka merupakan satu-satunya generasi yang pernah melewati milenium kedua. Generasi ini sering pula disebut dengan “Generasi Y” atau “Gen Y”. Generasi Y menggantikan “Generasi X”, yang kadang dihumorkan dengan penyebutan “Generasi ABG” (Angkatan Babe Gue).

kebiasaan traveler milenial

laparrr, tapi.. eits, foto dulu!

Oleh Generasi X, milenials sering dicap sebagai generasi narsis yang tak jauh dari gadget. Dimana segala sesuatu yang dilakukan tak pernah lepas dari urusan foto dan selfie. Jika GenX, berdoa dulu baru makan, maka GenY, foto dulu baru santap.

Plus-minus GenY menarik untuk diulas lebih luas dalam artikel lain. Setidaknya, dari tulisan ini dapat ditarik kesimpulan, bahwa traveler milenial sangat memedulikan keindahan dan kualitas. Maka, survey tersebut di atas boleh jadi benar dan menggambarkan kenyataan sesungguhnya.

ciri traveler milenial

di manapun, kapanpun… foto, harus itu!

Jika sebuah tujuan wisata di tanah air dinilai bagus, indah dan berkualitas dunia, hampir dapat dipastikan objek wisata itu akan diserbu traveler milenial! Dan, sekali objek indah itu difoto dan di-share via medsos, maka dalam tempo kilat, lokasi wisata itu akan diserbu millennials traveler! Ini kabar bagus untuk masa depan wisata negeri sendiri, sekaligus tantangan bagi operator wisata tanah air untuk berbenah diri menyambut booming wisata millennials.

Manado, permoi (percantik) terus objek wisatanya ya… Traveler milenial, selamat datang di Manado!

 

 

sumber: manadolog.blogspot.co.id (edit calvyn toar) | fitur img: lihat.co.id

 

 

 

 

Attachments
calvyn mht

digital marketer, startup developer, seo analyzer, publisher | driven by heart | 0812 8069 8459 - SMS before please "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, Anda bisa berubah untuk maju; And...

Related Post

thumbnail
hover

Kata Cinta dalam Bahasa Manado dan...

Kata Cinta dalam Bahasa Manado dan Artinya cukup banyak dicari via mesin pencari, Google. Dalam rangka menjawab kebutuhan itu, dan dalam upa...

thumbnail
hover

Status Bahasa Manado dan Artinya

Status Bahasa Manado dan Artinya yang dimaksud di sini adalah status pada Media Sosial (medsos), seperti Facebook (FB), caption Instagram (I...

thumbnail
hover

Kata-kata Sindiran Bahasa Manado dan Artinya

Kata-kata Sindiran Bahasa Manado dan Artinya dalam daftar ini dihimpun dari berbagai sumber: Caption Instagram, cuitan di Twitter, status di...

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.