KATA Mutiara Bahasa Manado dan Artinya di bawah ini ditulis guna memenuhi kebutuhan pencarian warganet terkait ini.

Kata Mutiara Bahasa Manado ini akan ditampilkan secara tematik dan ber-seri. Kali ini, khusus mengangkat tema “Kehidupan Masa Depan”.

Inilah Kata Mutiara Bahasa Manado dan Artinya:

1. Pas nafas masih babunyi di dada, dusu lah cita sampe abis butul. Hari tua pun nyanda sampe abis samuanya.  

(Mumpung napas masih memburu di dada, buru lah cita sampai sehabisnya. Hari tua pun tak kehabisan apa-apa).

2. Jika kehidupan ngana slalu kalah dalam suatu hal, tetaplah jadi orang bae. Maju trus. Pertahankan dan menangkan yang tasisa – Itulah ngana pe modal for mo menangkan banyak hal nanti.

(Jika kehidupan mu selalu kalah dalam suatu hal, tetaplah sebagai orang baik. Maju terus. Pertahankan dan menangkan yang tersisa – Itulah modal besar mu untuk memenangkan banyak hal nanti).

3. Kalah dan gagal itu so pasti batempel pa orang yang berjuang. Jang menyerah! Tiba depe waktu, kegagalan yang mo menyerah pa ngana.

(Kalah dan gagal itu sudah pasti menghampiri orang yang berjuang. Jangan menyerah! Tiba waktunya, kegagalan yang akan menyerah padamu).

SIMAK PULA: 50 Kata BIJAK Bahasa Manado LUCU

4. Hidop ini modal sgalanya; Hidop lebe luas dari samudra; Lebe bermakna dari sribu bintang. Se polote ngana pe potensi hidop itu!

(Hidup ini modal segalanya; Hidup lebih luas dari samudra; Lebih bermakna dari seribu bintang. Ledakkanlah potensi hidup mu itu!).  

5. Nyanda salah mampu beking banyak hal. Mar jadi kwa hebat pada satu hal. Rejeki mo mengalir dras karna itu, tanpa ilang banyak hal.

(Tak salah mampu mengerjakan banyak hal. Tapi jadilah hebat pada satu hal. Rejeki akan mengalir deras karena itu, tanpa kehilangan banyak hal).

6. Perjuangan dan Kesuksesan adalah dua sisi doi. Satu deng laeng nyanda bajalang sandiri, apalagi baku bagila.

(Perjuangan dan Kesuksesan adalah dua sisi mata uang. Satu sama lain tak akan berjalan sendiri, apalagi saling mengkhianati).

7. Samua orang start dari nol. Mar nyanda samua sampe garis finish. Cuma yang sebiking nol depe diri yang depe laste sampe garis akhir.

(Semua orang start dari nol. Tapi tidak semua mencapai garis finish. Hanya yang menolkan dirinya yang akhirnya mencapai garis akhir).

SIMAK PULA: Status Bahasa Manado dan Artinya

8. Masa depan bukang takdir. Ia dikase badiri hari ini. Dipupuk beso. Dapa lusa.

(Masa depan bukan takdir. Ia didirikan hari ini. Disemai esok. Digenggam lusa).

9. Cuma sadiki skali yang sampe puncak. Bukang karna dorang yang terbaik. Dorang cuma nyanda brenti.

(Hanya segelintir yang mencapai puncak. Bukan karena mereka yang terbaik. Mereka hanya tidak berhenti).

Demikianlah 9 Kata Mutiara Bahasa Manado dan Artinya, karya Calvyn Toar (founder ManadoBaswara.com).

Semoga, Kata Mutiara Orang Manado ini bermanfaat bagi anda yang sedang Belajar Bahasa Manado. Sampai berjumpa di tema Kata Mutiara Manado berikutnya!

Baca Juga:
Kata-kata Sindirian dalam Bahasa Manado
Berkenalan dalam Bahasa Manado

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only)"Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)