PULAU Lihaga terletak di daerah di Kecamatan Likupang, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dekat Kota Manado. Luasnya kurang lebih 8 hektar. Untuk mempermudah imajinasi tentang posisi pulau ini, bayangkan saja peta Sulawesi Utara yang berbentuk mirip huruf ‘k’. Nah, posisi pulau Lihaga persis di ujung atas huruf k itu.

Di tempat wisata eksotis ini kamu bisa mendapati pantai dengan pasir yang putih dan keadaan pantai yang bersih. Di samping itu, ombak di pantai ini cukup bersahabat dan tenang.

Pulau Lihaga Tadinya Tidak Berpenghuni

Pulau ini tadinya merupakan pulau kecil tak berpenghuni. Menuju pulau ini dimulai dari pelabuhan perahu di kampung kecil bernama Serei, Likupang. Jarak tempuh ke pelabuhan ini adalah sekitar 45 menit berkendara.

pulau lihaga yang indah
pulau lihaga yang indah

Pulau ini mulai dikenal dengan pantai pasir putihnya yang masih belum terkotori ulah turis, dan biru beningnya air laut.

Harga sewa kapal ke lokasi ini berkisar 700 ribu sampai satu jutaan, dengan daya tampung bisa 40 orang.

Pulau kecil ini bertetangga dengan sebuah pulau kecil lain, yaitu pulau Gangga. Tapi ini private area. Menurut info, pulau ini telah dimiliki secara pribadi.

SIMAK PULA: Uniknya CRITTER di Selat LEMBEH

Ketika tiba di pulau ini, anda akan diminta membayar kontribusi kebersihan sebesar 25 ribu rupiah per orang (harganya di 2020 ini bisa jadi sudah berubah).

Kendati, masih baru sebagai tujuan wisata, tempat ini telah dikelola oleh pengusaha/swasta.

pemandangan bawah air pulau lihaga, minut
pemandangan bawah air pulau lihaga, minut

Sayangnya, fasilitas di tujuan wisata baru ini masih minim. Wajarlah, karena memang wisata baru ini belum terekspose luas, dan tidak tertangani dengan baik oleh pemerintah setempat.

SIMAK PULA: Pulau Paling COCOK untuk HONEY MOON

Semakin sore, ketersediaan air bersih untuk dipakai bilas badan sehabis berenang dan atau bermain di pantai, semakin terbatas. Itupun, anda harus rela membayar seharga 20 ribu per galon.

pantai pasir putih pulau lihaga
pantai pasir putih pulau lihaga

Warga yang berjualan di pulau ini cukup membantu memudahkan wisatawan dalam urusan makanan. Hebatnya, mereka sudah HP minded, karena semua membawa HP…

Datang dan buktikan sob! [Calvyn Toar]

dari berbagai sumber

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

This Post Has 2 Comments

  1. dewi

    artikelnya bagus, ijin share di ksmtour.com ya, terima kasih

    1. Calvyn Toar

      silahkan sist dewi. oya, web ksmtour.com-nya ok. info spot wisatanya cukup lengkap. thanks sdh mampir di MB. salam!

Comments are closed.