Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Paskah Nasional 2017 di Tondano, Sulawesi Utara

Perayaan Paskah Nasional telah berlangsung sejak tahun 2005. Perayaan Paskah Nasional I sampai VI dilangsungkan di Jakarta. Dan mulai tahun 2011, Perayaan Paskah Nasional VII, diselenggarakan di luar ibukota. Tahun lalu, Perayaan Paskah Nasional XII diadakan di Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Hari ini (22/4/17), Perayaan Paskah Nasional XIII diselenggarakan di kota Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut). Jarak dari Manado ke Tondano sekitar 35,72 km (via Airmadidi), dan 31,26 km (via Tomohon) – dapat ditempuh selama 70 menit.

launching paskah nasional 2017 di jakarta

launching paskah nasional 2017 di jakarta

 

Tema Paskah Nasional XIII

Acara Paskah skala nasional ini bertempat di Stadion Maesa, Tondano, dengan mengusung Tema: “TORANG SAMUA CIPTAAN TUHAN” (We are all created by God), dan Sub Tema: “Ziarah Keadilan & Perdamaian“ (Pilgrimage on Justice and Peace).

Dalam bahasa Manado, Torang samua ciptaan Tuhan, berarti: Kita semua ciptaan Tuhan. Makna luas yang terkandung dalam tema itu adalah: Marilah kita menyadari, dari mana kita berasal, bagaimana kita memperlakukan sesama kita, dan kepada siapa kita kembalikan Syukur, Puji dan puja kita. Alangka indahnya kita sebagai umat ciptaanNya, menyadari keberadaan kita dan bersatu padu mewujudkan kehidupan bersama yang berkecukupan, manusiawi, damai, adil dan memuliakan Tuhan;  mewujudkan kehidupan bersama juga dalam mendukung keutuhan ciptaan; bergotongroyong menegakkan keadilan, memberdayakan kaum miskin, mengurangi ketimpangan ekonomi, dan melestarikan lingkungan hidup; mempererat kembali persaudaraan umat manusia dengan mengembangkan pola pikir dan sikap berbagi, peduli dan toleran; serta ikut memberantas terorisme dan radikalisme sampai ke akarnya, sambil terus memperbaiki relasi dengan sesama manusia dan ciptaan lainnya.

Dihadiri oleh

Perayaan & Ibadah Agung Paskah Nasional XIII yang dimulai sekitar pukul 17.00 WITA, dihadiri oleh Menteri Hukum & HAM: Yasonna Hamonangan Laoly, Gubernur Sulawesi Utara: Olly Dondokambey, Wkl Gubernur Sulut: Steven Kandouw, Walikota/Bupati Minahasa, Duta Besar Negara-negara Sahabat, Pemimpin- pemimpin Gereja, sejumlah pejabat dan mantan pejabat dan masyarakat umum, yang memadati Stadion Maesa Tondano.

Adapun yang bertindak sebagai Pengkhotbah dalam Perayaan & Ibadah Agung Paskah Nasional XIII, hari ini (22/4/17), adalah Pendeta Stephen Tong. Dalam khotbah singkatnya, Pendeta Stephen Tong menggarisbawahi perihal Siapa yang Membunuh Yesus Kristus?

Diurai dengan sangat jelas oleh Pendeta Stephen Tong, yang pertama kali datang ke Manado pada usia 26 tahun, bahwa yang membunuh Yesus Kristus adalah: 1. Pemimpin Agama (ahli Taurat dan Farisi), 2. Pemimpin Politik (Gubernur Pilatus dan Raja Herodes), 3. Militer (para tentara yang menyiksa dan memaku Yesus), 4. Pengadil/Hakim (Sanhedrin/Mahkamah Agama Yahudi), 5. Uang suap (dari Imam-imam Kepala kepada Serdadu penjaga kubur Yesus). Ke-5 oknum yang membunuh Yesus itu, sebagaimana yang dicatat oleh Injil, yang kemudian dengan terang benderang dan menawan, berhasil direfleksikan oleh Pendeta Stephen Tong sesuai kondisi kekinian.

Paskah Nasional 2017 ini sekaligus memperingati 500 tahun Reformasi Gereja, Temu Konsultasi Pemimpin Kristen (Christian Leaders Summit), dan Pekan Kerukunan Nasional yang rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia: Jusuf Kalla, pada Minggu (23/4/17).

Dalam rangka itu, sejumlah acara penting dilaksanakan. Inilah rundown cara Paskah Nasional XIII:

Jumat, 21 April 2017  

Jam 16.00-20.00 : Pembukaan Paskah Nasional XIII 2017 dan Pencanangan Indonesia tanpa Kekerasan

T e m p a t : Stadion Klabat-Manado

Sabtu, 22 April 2017

Jam 09.00-12.00 : Temu Konsultasi Pemimpin Kristen (Christian Leaders Summit)

T e m p a t: Hotel Sheraton, Manado

jam 14.00-16.00 : Pawai & Karnaval Paskah Nasional

T e m p a t: Benteng Moraya, Tondano

Jam 17.00-20.00  :  Perayaan & Ibadah Agung Paskah Nasional

T e m p a t : Stadion Maesa, Tondano

Minggu, 23 April 2017

Jam 09.00-11.00  : Ecumenical Visit ke Gereja-gereja

T e m p a t: Manado dstnya

Jam 09.00-15.00  : Pembukaan Global Christian Youth Conference

T e m p a t: Manado

Jam 12.30-14.00 : Makan siang

T e m p a t: Kolongan, Airmadidi

Jam 15.00-19.00 : Pekan Kerukunan Nasional

T e m p a t: Komplex Manado Town Square

Jam 19.00-20.30 : Meninjau Expo Paskah

T e m p a t: Komplex Manado Town Square

Senin, 24 April 2017

Jam 08.00-21.00 : Konferensi Misi & Pemuda Global

T e m p a t: Hotel Sheraton, Manado

Acaranya terdiri: Pleno, Lokakarya, Sharing Misi

Selasa, 25 April 2017

Jam 08.00-21.00 : Lanjutan Global Christian Youth Conference

Model Acara :  Diskusi, Exposure, Round Table Meeting

Sukses Paskah Nasional XIII 2017, Temu Konsultasi Pemimpin Kristen dan Pekan Kerukunan Nasional!

 

dari berbagai sumber

 

Baca juga:

Indonesia, Belajarlah Toleransi dari Manado

 

Attachments
Calvyn Toar

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang m...

Related Post

thumbnail
hover

Lirik Lagu Body Babadontot dan Artinya

(Diciptakan oleh: Hendro Engkeng, Dipopulerkan oleh: GRS (Hendro Engkeng Vandi Lakada) Salam jumpa dari kami disiniMenemani pesta di malam i...

thumbnail
hover

Lirik Lagu Anjing Kacili dan Artinya

(Diciptakan & dipopulerkan oleh: Tian Storm/Bassgilano)  Hey kawan mari gabung disini Bassgilano kembali lagi Menghibur kita semua ...

thumbnail
hover

Daftar Hotel di Manado 2019

Daftar Hotel di Manado 2019 ini belum terjadi peningkatan jumlah yang signifikan. Setidaknya hanya 1 hotel bintang tiga baru yang eksis...

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.

1
Ayo bertanya! :D
Powered by