LATIHAN Bahasa Manado adalah artikel yang merangkum sejumlah pertanyaan yang sering diajukan terkait bahasa Manado via raja mesin pencari, Google.

Puluhan pertanyaan dimaksud, misalnya dapat kamu temukan dengan mengetikkan keyword: Bahasa Manado, dan atau Kamus Bahasa Manado. Nah, pertanyaan-pertanyaan tersebutlah yang dirangkum redaksi ManadoBaswara dalam artikel ini – menjadi salah satu materi latihan bahasa Manado bagi kamu yang sedang belajar bahasa Manado.

Disertai contoh kalimat, latihan bahasa Manado kamu akan menjadi lebih mudah. Yuk, simak…

Apa itu dang bahasa Manado?

Dang artinya: Lah (contoh dalam kalimat: oke dang = okelah; manjo dang = marilah). Atau, dalam kondisi tertentu bisa bermakna “ya” — contoh dalam kalimat: So makang dang ngana? (Sudah makan ya kamu); Oh bagitu dang (Oh begitu ya).

Dalam Bahasa Manado Sehari-hari, kata “dang” ini semacam Akhiran (Sufiks), guna “menegaskan” sebuah kata, sebagaimana contoh kalimat di atas.

Ngana itu artinya apa?

Ngana itu artinya Kamu. Contoh dalam kalimat: Ngana so makang? (Kamu sudah makan?).  

Siapa nama kamu?

Siapa nama kamu bahasa Manado: Sapa ngana pe nama.

Apa kabar?

Bahasa manado nya apa kabar, sama dengan bahasa Indonesia, yakni: Apa Kabar. Hanya, biasanya ditambahkan kata “ngana” dan “dang”.

Contoh dalam kalimat: Ngana apa kabar? (Kamu apa kabar?), Apa kabar dang? (Apa kabar?). Kata “dang” pada kalimat itu hanya semacam penekanan kalimat saja. Namun, kata “dang” pada kalimat lain, bisa bermakna: “Iya” dan atau “Lah”. Misalnya, Bagimana ini dang? (Bagaimana ini ya?), Manjo dang bajalang ka sana (Mari lah kita jalan ke sana).   

Apa arti Biongo?

Biongo artinya Bodoh, namun dalam tingkatan yang lebih (= sangat bodoh).

Apa arti Koncudu?

Koncudu artinya Pelit. Kata yang sinonim dengan Koncudu, yakni “Skakar”.

SIMAK: Kamus Bahasa Manado Terlengkap!

Apa bahasa manado nya aku sayang kamu?

Bahasa Manado nya aku sayang kamu: Kita sayang pa ngana. Kata “kita” bermakna “aku” atau “saya”. Terkait ini, kata “mereka” dalam bahasa Manado: Dorang. Contoh dalam kalimat: Dorang so tinggal di Jakarta (Mereka sudah tinggal di Jakarta).

Kamu dimana sekarang?

Bahasa Manado “Kamu di mana sekarang”: Ngana tinggal di mana skarang.

Apa bahasa manado sayang?

Bahasa manado sayang, sama dengan bahasa Indonesia: Sayang. Kata yang terkait ini, misalnya: Pacar saya, dalam bahasa Manado: Kita pe tona; Kita pe maitua/paitua.

Kata maitua bisa jua berarti “isteri”, dan paitua dapat pula berarti “suami”.

latihan bahasa manado manadobaswara

Apa arti Macico

Macico (atau kadang disebut pula dengan “Cico”) dalam bahasa Manado artinya “Berlebihan” dalam aksi atau gaya. Padanan kata kekinian yang sama makna untuk ini adalah: Lebay.

Contoh dalam kalimat: Macico skali ngana kalu bakudapa deng dia (Lebay sekali kamu kalau bertemu dengan dia).

SIMAK: Bahasa Prokem Manado

Apa arti smokol dalam bahasa Manado?

Smokol dalam bahasa Manado artinya “Sarapan”. Contoh dalam kalimat: Ngana so smokol? (Kamu sudah sarapan?).

Apa arti towo

Towo dalam bahasa Manado artinya “Bohong” atau “Dusta”. Contoh dalam kalimat: Jang parcaya pa dia yang jago ba towo (Jangan percaya dengan dia yang jago berbohong).

Popo artinya apa

Popo dalam bahasa Manado artinya: Nekat, Tanpa perhitungan. Dalam bahasa prokem Manado, Popo semakna dengan “Buta-buta”.

Apa arti dari Hugel?

Hugel adalah singkatan dari Hubungan Gelap. Jika ditambahkan awalan “ba” = bahugel, artinya “berselingkuh”.

Aku Rindu Kamu

Aku rindu kamu dalam bahasa Manado: Kita rindu pa ngana.

Bahasa Manado Cantik

Cantik dalam bahasa Manado: Pasung, Gaga. Kedua kata ini dapat dikenakan kepada wanita dan juga pria.

Materi Latihan Bahasa Manado

Demikianlah sejumlah kata dan kalimat dalam bahasa Manado yang sampai saat ini masih diajukan via Google. Kata dan kalimat bahasa Manado tersebut akan di-update sesuai perkembangannya.

Semoga artikel ini bermanfaat dalam rangka latihan bahasa Manado kamu menjadi semakin lancar.

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, CryptoAnalyst/Investor | driven by heart | 0819 0824 5558"Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)