SALAH satu lagu Manado yang menjadi hits sejak kemunculan perdananya hingga kini adalah lagu Balada Pelaut ciptaan Ferry Pangalila. Sesuai dengan judul lagunya, Balada Pelaut mengusung jenis musik balada (inggris: ballad). Ballad music termasuk jenis musik yang cukup tua. Telah ada sejak abad pertengahan di kepulauan Inggris. Musik Balada ini mempunyai karakter khas, yaitu kekuatan pada lirik yang berbentuk puisi yang dinarasikan secara populer. Karena itulah, musik balada sangat dekat dengan jenis musik pop.

Musik balada memiliki tempo yang bervariasi. Melodinya dibuat sevariatif mungkin, supaya liriknya yang puitis dapat tersampaikan dengan baik di telinga pendengar. Dalam kaitan lirik, musik balada sangat ekspresif. Kadang terdapat semacam sindiran sosial. Kadang berisi muatan jenaka, dan acapkali menekankan kesedihan akibat suatu peristiwa dalam kehidupan; penekanan yang terakhir inilah yang sering membawa pendengar menjadi baper abizzz…

Anyway, musik balada yang diusung oleh lagu Balada Pelaut sangat easy listening, yang membuatnya selalu asyik didengar sampai kapanpun, dan dalam keadaan apapun.

Lagu Balada Pelaut yang seolah menyindir gaya hidup para pelaut, dan orang-orang ‘terdekat’ yang berhubungan dengan pelaut, mencoba menggambarkan secara umum kenyataan yang sebenarnya. Kepopuleran lagu ini tak terbendung sampai saat ini dan kapanpun! Setidaknya, ada 7 penyanyi yang sukses membawakan lagu ini dengan cara bernyanyinya masing-masing. Beberapa di antaranya adalah penyanyi top negeri ini.

Berikut, Lagu Manado Balada Pelaut dengan 7 Penyanyi, dan 1 lagu Balada Pelaut versi jenaka, yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya – lagu yang sukses dibawakan oleh penyanyi lokal, Melly Pandean.

 

(1) Balada Pelaut – Connie Mamahit

https://www.youtube.com/watch?v=29zCZtb7pmk

 


(2) Balada Pelaut – Melky Goeslaw

https://www.youtube.com/watch?v=_v63B41c4kk


 

(3) Balada Pelaut – Titiek Puspa


 

(4) Balada Pelaut – Trio Ambisi


 

(5) Balada Pelaut – Denny Dinar


 

(6) Balada Pelaut – Trio Aristo

https://www.youtube.com/watch?v=UK9TbigLzWE


 

(7) Balada Pelaut – Tantowi Yahya


 

Balada Pelaut versi Melly Pandean (dari album Macico)

 

sumber youtube.com


Lihat juga:

12 Lagu Manado Terpopuler Sepanjang Masa

9 Lagu Manado Paling Galau

 

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Tinggalkan Balasan

Close Menu
Klik disini
1
Ada pertanyaan?
Hi, ayo bertanya :)
Powered by