Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pokemon Legendaris di Manado

MENURUT perkiraan perusahaan pemerhati pasar, Sensor Tower, sejak peluncuran perdananya di Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru, pada 6 Juli 2016, game fenomenal berbasis GPS (Global Positioning System), Pokemon Go, telah diunduh oleh 7,5 juta orang di Amerika saja, melalui perangkat iOS dan Android (Google Play Store). Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat signifikan. Dan, Nintendo, perusahaan raksasa game asal Jepang, sebagai pemilik waralaba Pokemon sejak 1996, meraup keuntungan fantastis, Rp 26 milyar hanya dalam semalam. Di samping itu, di pasar saham, perusahaan pencipta game nomor satu dunia, Super Mario, inipun naik hingga US$12 miliar (sekitar Rp 157 triliun). Luar biasa!

Game fenomenal ini belum diluncurkan di seluruh dunia. Di Asia, sampai dengan tulisan ini dibuat, barulah Jepang dan Hongkong yang sudah dapat menikmati rilis resmi game ini, yaitu dari developer aslinya Niantic Labs dan Nintendo.

Kendati belum rilis di Indonesia, para gamers ternyata sudah memainkan game ini. Mereka mengunduhnya melalui APK (Android Application Package) yang banyak terdapat di situs teknologi dan game. Sebenarnya, tidak disarankan mengunduh aplikasi ini secara ilegal, yaitu bukan dari rilis resminya. Resikonya ada, yaitu terhadap keamanan data user/gamers itu sendiri.

Di Manado, demam Pokemon Go sudah mulai terasa. Menurut laporan langsung salah satu koran Manado, beberapa orang telah berburu monster Pokemon, meski masih nihil hasilnya. Sedangkan menurut salah satu situs berita online Manado, sejumlah warga di Minahasa Selatan (Minsel), meminta Pemerintah Kabupaten Minsel dan dinas terkait (dishubkominfo) untuk menutup situs game online Pokemon Go, karena menurut mereka, sudah banyak warga Minahasa yang memainkannya. Pokemon Go, dinilai berbahaya untuk dimainkan. Mereka membeberkan fakta, banyaknya akibat buruk di berbagai negara dan daerah lain di Indonesia yang telah menjadi korban lantaran memainkan game klasik-fenomenal ini.

berburu monster pokemon

berburu monster pokemon


Dari protes warga di atas, persoalan memblokir game ini, sebenarnya bukan terhadap situs-situs game online, karena mereka bukan penyedia rilis resmi game tersebut. Kalau hendak diblokir, itu adalah domain pemerintah pusat – Tentu, dengan pertimbangan, apakah dirasa penting dan genting untuk menolak dan menutup aplikasi resminya ketika hendak masuk ke Indonesia melalui Google Play Store atau App Store.

Terlepas dari pro dan kontra perihal Pokemon Go, dari salah satu sesi wawancara dengan pihak Nintendo dan Niantic Labs, di beberapa wilayah yang terkenal di Indonesia, terdapat 11 Pokemon Legendaris. Jenis Pokemon legendaris termasuk sulit untuk ditangkap. Pikhacu, misalnya, maskot Pokemon sejak Generasi I sampai dengan Generasi VI game ini, yaitu seekor tikus elektronik berwarna kuning dan punya keistimewaan tenaga listrik, katanya, dapat ditangkap di pembangkit listrik di Indonesia, yaitu PLTU Paiton di Probolinggo, Jawa Tengah. Pikhacu akan muncul saat malam di sana. Kalau info tersebut benar, Saya tidak menyarankan Anda untuk nekat menangkap tikus kuning itu di sana, karena ini area vital negara. Tidak sembarang orang dapat masuk di object vital tersebut.

Pokemon legendaris tercantik, Ho-oh, katanya, dapat ditangkap di ibukota Papua, Jayapura. Pokemon Ho-oh ditempatkan di Papua untuk memberikan tribute kepada cendrawasih, burung khas Papua yang terkenal cantik di seantero dunia. Masih di Papua, Pokemon legendaris lainnya, yang bertipe air, yaitu Suicune, dapat ditemukan di Raja Ampat.

Pokemon legendaris bertipe rumput, yaitu Shaymin, ditempatkan di sabana Nusa Tenggara Barat. Mesprit, si penjaga danau, diletakkan di danau terbesar di Indonesia, yaitu Danau Toba. Giratina yang bertipe Ghost, ditempatkan di Tempat Pemakaman Umum Jeruk Purut. Entei, Pokemon legendaris bertipe api ditempatkan di Gunung Merapi. Sama dengan Entei yang bertipe api, Moltres, ditempatkan di Anak Gunung Krakatau. Terrakion ditempatkan di Taman Nasional Ujung Kulon, Jawa Barat. Registeel, Pokemon legendaris yang terbuat dari metal terkuat di dunia, ditempatkan di Krakatau Steel, Cilegon.

Jika info ini valid, keberadaan Shaymin, Mesprit, Giratina, Entei, Moltres, Terrakion, dan Registeel yang berada di lokasi yang tidak mudah diakses, bahkan mustahil dituju, hendaknya menjadi warning bagi para trainer (sebutan untuk pemain Pokemon Go) untuk tak usah nekat ke tempat-tempat itu, karena beberapa tempat tersebut termasuk sangat beresiko, dan berbahaya untuk disambangi.

pokemon legendaris kyogre di bunaken

pokemon legendaris kyogre di bunaken – img. warkopanime.fajar.co.id


Dan, Kyogre, Pokemon legendaris yang juga bertipe air, katanya, dapat ditangkap di perairan Bunaken. Kepopuleran Bunaken yang mendunia membuat Nintendo dan Niantic Labs menempatkan Kyogre di sana. Masalahnya adalah, Anda tidak bisa menemukannya di pantai Bunaken, karena ia ditempatkan di dalam laut. Sampai sejauh mana dan sedalam apa Anda akan menyelam untuk menangkap Kyogre? Tahukah Anda luas Taman Laut Bunaken? Luasnya 75.265 ha! Sekalipun Anda seorang penyelam berlisensi, Saya tidak menyarankan Anda untuk memburunya, karena hal ini sangat beresiko untuk keselamatan diri Anda – Tidak sebanding resiko nyawa Anda, dengan sekadar berhasil menangkap Kyogre, Pokemon legendaris di Manado itu, cuma untuk meraih poin/level tertentu.

Memang, bagi para gamers sejati, kendatipun semua jenis Pokemon yang langka dan kuat sudah berhasil ditangkap, ia belumlah menjadi trainer terkenal, bila tidak mendapatkan Pokémon legendaris. Namun, apakah dengan alasan itu Anda harus nekat menabrak aturan, dan bahkan mempertaruhkan nyawa?

stop! bijaklah berburu pokemon

bijaklah berburu pokemon


Sebenarnya, guna mendapatkan kenaikan level, Anda tak harus menjelajah dunia atau daerah, ke berbagai tempat sulit, vital, berbahaya, dan menyabung nyawa, hanya untuk menangkap monster Pokemon. Sebab, ada cara lain untuk itu, yakni dengan saling tukar menukar Pokemon dengan trainer yang lain. Bagaimana caranya saling bertukar monster Pokemon? Bergabunglah dengan komunitas. Anda dapat menemukan komunitas-komunitas Pokemon Go di internet. Bergabunglah dengan mereka untuk saling bertukar informasi tentang game ini, dan tentu saja bertukar monster Pokemon.

Game Pokemon Go ini sedang ngehits di mana-mana tempat di dunia. Dan jangan Anda kira ia cuma dimainkan oleh anak-anak – Itu dulu, di awal munculnya, tahun 1996 sampai dengan tahun 2000an. Sekarang beda, ia dimainkan justru oleh orang dewasa, dari berbagai strata dan negara.

Selama tidak ada pertimbangan dan kebijakan khusus, Pokemon Go akan masuk juga ke Indonesia. Ketimbang melarang game ini untuk dimainkan, sehingga melahirkan rasa penasaran begitu rupa bagi para gamers, yang akhirnya berujung pada mendapatkan ‘jalan lain’ untuk mengunduh dan memainkannya juga, lebih baik menghimbau dan mensosialisasikan dampak dan akibat negatif darinya, dan jikapun memainkannya, mainkanlah dengan bijak.

Game ini ibarat pisau. Ia berbahaya jika disalahgunakan/disalahmainkan. Tetapi, ia menjadi positif jika digunakan/dimainkan dengan tepat/pas, dan bijak. Bagaimanapun, game berbasis GPS dan augmented reality ini sangat menarik, karena bisa menambah interaksi sosial. Para gamers harus memainkan game ini di luar rumah. Karena itulah, ada baiknya, demi alasan keselamatan dan keamanan, lebih baik memainkan game ini bersama teman atau komunitas. Sehingga, satu sama lain dapat saling menjaga dan mengingatkan.

pikachu

pikachu, sang tikus kuning, maskot pokemon


Fenomena datang dan pergi. Yang lama memudar dan hilang, yang baru pun muncul, dan bakal pula pergi. Masih segar dalam ingatan kita, beberapa waktu lalu, dari pagi hingga tengah malam, orang berburu batu. Sekarang lain, orang memburu Pikhacu.

Anyway, sejatinya, game itu untuk hiburan diri, bukan malah untuk bunuh diri. Pokemon Go Manado! [CT]

 

Attachments
Calvyn Toar

trader, trainer, digital marketer, SEO-SMO expert, content creator, web developer, growth hacker, ghostwriter, political marketing strategy | driven by heart | 0819 0824 5558 (WA only) "Sepanjang m...

Related Post

thumbnail
hover

Lirik Lagu Body Babadontot dan Artinya

(Diciptakan oleh: Hendro Engkeng, Dipopulerkan oleh: GRS (Hendro Engkeng Vandi Lakada) Salam jumpa dari kami disiniMenemani pesta di malam i...

thumbnail
hover

Lirik Lagu Anjing Kacili dan Artinya

(Diciptakan & dipopulerkan oleh: Tian Storm/Bassgilano)  Hey kawan mari gabung disini Bassgilano kembali lagi Menghibur kita semua ...

thumbnail
hover

Daftar Hotel di Manado 2019

Daftar Hotel di Manado 2019 ini belum terjadi peningkatan jumlah yang signifikan. Setidaknya hanya 1 hotel bintang tiga baru yang eksis...

Leave us a comment

logged inYou must be to post a comment.

1
Ayo bertanya! :D
Powered by