ManadoBaswara.comMANADO ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), belum lama ini meluncurkan Kalender Wisata Pesona Manado 2017. Dari Kalender Wisata Manado itu, terdapat 21 kegiatan (event) menarik yang bakal digelar di kota Manado.

Guna mendukung suksesnya Wisata Manado 2017, penerbangan direct flight ke 8 kota di Tiongkok (Chengdu, Chongqing, Guangzou, Hongkong, Wuhan, Nanchang, Changsha, dan Macau) telah dibuka, dan melalui itu diharapkan akan ada penambahan Wisatawan Mancanegara (Wisman), khususnya dari Jepang dan Korsel.

Di tahun 2017 ini, Pemda Manado, melalui Gubernur Manado Olly Dondokambey, menargetkan kedatangan 51.110  Wisman dan 1,37 juta Wisatawan Nusantara (Wisnus) ke kota Manado.

Soal amenitas (fasilitas penunjang wisata), terbilang lengkap di Manado, di antaranya tersedia jasa perjalanan wisata, wisata tirta, usaha hiburan dan rekreasi, dan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition – Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran) berkelas, serta didukung dengan akomodasi sebanyak 129 hotel berbintang dan non-bintang, dengan total 5.000 kamar.

Inilah Kalender Wisata Pesona Manado 2017:

I. EVENT HARIAN

– Pentas Hiburan Rakyat Taman Kesatuan Bangsa (TKB), berlangsung setiap akhir pekan

II. EVENT MINGGUAN

Bendi Weekend on Boulevard, setiap akhir pekan di sepanjang Jalan Boulevard Manado

III. EVENT BULANAN

pantai pangalisang bunaken
pantai pangalisang bunaken (by fabio achilli)

JANUARI di Manado

– Figura Manado

– Festival Tulude (Budaya Nusa Utara)

Tanggal 29 Januari ada event Figura Manado yang diadakan di Kawasan Megamas, Boulevard. Festival Tulude dan lomba budaya Masamper memeriahkan Manado di bulan ini.

FEBRUARI di Manado

– Cap Go Meh

Dalam rangka merayakan Cap Go Meh (hari ke-15 atau hari terakhir masa perayaan Tahun Baru Imlek). Dijadwalkan sejumlah pertunjukan digelar oleh keturunan Tionghoa di kawasan Pecinan Manado, seperti arak-arakan dewa kepercayaan dan berbagai tradisi lainnya, pada 12 Februari.

MARET di Manado

– Festival Ogoh-ogoh (Hari Raya Umat Hindu)

Warga Manado bertoleransi dengan ikut memperingati Hari Raya Nyepi. Komunitas Hindu di Manado akan menyelenggarakan Festival Ogoh-Ogoh. Tak hanya itu, untuk menunjukkan eratnya persatuan di Manado, beberapa kelompok wanita dari organisasi keagamaan akan menggelar tarian Selendang Biru.

APRIL di Manado

– Manado Easter Show (Peringatan Paskah)

Perayaan Paskah adalah perayaan terbesar ke-2 setelah Natal, di Manado. Melalui Manado Easter Show, para wisatawan akan dijamu dengan acara konser dan parade.

MEI di Manado

– Manado Cantate (International Choir Festival)

Empat acara besar akan dilangsungkan sepanjang Mei, yaitu Manado Cantate International, International Choir Festival, Manado Extreme Adventures Tourism dan International Trail Running.

JUNI di Manado

– Manado Investment Forum

– Sellers and Buyers

Selain ke-2 event formil di atas, di bulan Ramadan ini, Manado akan menggelar sejumlah acara bernuansa Islami, seperti: Lomba Dakwah, Lomba Hafal Al-Qur’an, dan Pawai Obor.

JULI di Manado

– Festival Ramadan (Bulan Puasa Umat Islam)

– Pesta Rakyat HUT Kota Manado

Di samping diadakannya Festival Ramadan, karena bertepatan dengan “bulan Puasa”,  14 Juli merupakan hari lahir kota Manado. Maka itu, Pemda setempat akan menggelar sejumlah acara besar, seperti: Konser di Jembatan Soekarno, Lomba Fotografi, dll.

AGUSTUS di Manado

– Festival HUT Kemerdekaan RI

Selain menyelenggarakan pesta HUT kemerdekaan RI, akan diselenggarakan pula Hasher International di Kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpa Manado.

SEPTEMBER di Manado

bubur manado
bubur manado (by luciana adriyanto)

Pada bulan September, sejumlah perhelatan besar digelar, seperti:

– Atraksi Seni Budaya Bantik (sub-suku asli Sulut)

– Manado Fantastic Festival (F7), yang terdiri dari:

  1. Fisco “Fish and Coral” (Manado Under and Sea Carnival)
  2. Fashion (Manado Fashion Week)
  3. Food (Makanan), Gelar Kuliner Khas Manado
  4. Flying (Olahraga Terbang Bebas, Paragliding, Paramotor and Parachuting)
  5. Fun Music: Pertunjukan Konser Musik Tradisional, Manado Jazz by the Sea
  6. Fair (Pameran Manado)
  7. Faith (Kerohanian), yakni Manado Thanksgiving (Pengucapan Syukur)

OKTOBER di Manado

– Atraksi Seni Budaya Borgo

– Manado Extreme Adventures Tourism, International Trail Running, and Hasher International

Ini adalah bulan paling meriah sepanjang 2017 di Kota Manado karena acara akbar Manadi Fastastik 7 diselenggarakan selama 10 hari. Pengunjung akan melihat event-event dengan tema fish and coral, serta suguhan fashion, kuliner, parade olahraga dan konser jazz.

NOVEMBER di Manado

– Miss Scuba International

Pada 25 November 2017, kota Manado menjadi tuan rumah Miss Scuba International (ajang mencari putri bahari), dan International Trail Running di alam bebas.

DESEMBER di Manado

christmas di manado (by annie spratt)
christmas di manado (by annie spratt)

– Gelaran Manado Christmas Festival, dengan sejumlah acara:

  1. Manado Christmas Light On
  2. Christmas Great Sale
  3. Safari Natal
  4. Santa Clause is Coming to Town
  5. Christmas Choir Festival

Sepanjang bulan Desember sejumlah kegiatan itu akan dilaksanakan di kota Manado, dan ditutup dengan acara Pisah Taong yang dilangsungkan di kawasan Megamas Manado pada 31 Desember.

Mari sukseskan Kalender Wisata Pesona Manado 2017, dan Tunggu apa le ngoni, Manjo ka Manado! (tunggu apalagi kalian, ayo ke Manado)

 

 

Calvyn Toar

Digital Marketer, SEO-SMO Expert, Content Creator, Web Developer, Ghostwriter, Political Marketing Strategy, Trader | driven by heart | 0881 0244 23948 (WA only) "Sepanjang masih hidup & kuatnya ikhtiar, anda bisa berubah untuk maju; anda dapat lakukan apapun yang anda mau, & menjadi apapun yang anda ingin jadi" (calvyntoar/jan 2016)

Tinggalkan Balasan

Close Menu
Klik disini
1
Ada pertanyaan?
Hi, ayo bertanya :)
Powered by